RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDIT PLUS AL MUHSININ
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : PENGALAMANKU
Sub
Tema : PENGALAMAN MASA KECIL
Petemuan ke : 1
Alokasi waktu : 175 menit
PEMETAAN
INDIKATOR PEMBELAJARAN
A.
KOMPETENSI INTI
BAHASA INDONESIA
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktualdalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
MATEMATIKA
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktualdalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
3.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
MATEMATIKA
3.4 Mengenal teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan
malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang
dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata
4.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
- Setelah
membaca wacana, siswa mengidentifikasi kegiatan yang berkaitan dengan
cahaya dengan benar.
o
Setelah membaca wacana,
siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata yang diberikan.
- Setelah
mengamati gambar Pancasila, siswadapat membedakan simbol Pancasila dengan
tepat.
- Setelah
mengamati percakapan pada buku, siswa dapat mendiskusikan tentang
pengamalan sila pertama Pancasila dengan lancar.
- Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah penjumlahan dengan
tepat.
- Setelah
mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah penjumlahan menggunakan
cara hitungan maju dengan tepat.
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Ssiswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang berkaitan
dengan cahaya dengan benar.
- Siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata yang
diberikan.
- Siswadapat membedakan simbol Pancasila dengan tepat.
- Siswa dapat mendiskusikan tentang pengamalan sila pertama
Pancasila dengan lancar.
- Siswa dapat menyelesaikan masalah penjumlahan dengan
tepat.
- Siswa dapat memecahkan masalah penjumlahan menggunakan
cara hitungan maju dengan tepat.
6.
7.
MATERI
PEMBELAJARAN
8.
PENDEKATAN, STRATEGI & METODE
Pendekatan :
Tematik Integratif
Strategi :
Active and Fun Learning
Metode :
Penugasan, Model, Ceramah.
9.
MEDIA DAN
ALAT PEMBELAJARAN
o Buku siswa
o Tabel nilai tempat.
10.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mendeskripsikan tentang rencana pembelajaran yang akan berlangsung.
4.
MenginformasikanTema
yang akan dibelajarkanya itu tentang
“PENGALAMANKU”
|
5menit
|
Inti
Pertemuan ke 1
|
1.
Siswa membaca wacana di buku siswa secara bergantian.
2.
Siswa mengajukan pertanyaan seputar menonton pertunjukan
tradisional.
3.
Sampaikan bahwa dalam pertunjukan wayang kulit terdapat
percakapan yang merupakan kalimat yang diucapkan.
4.
Bagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk bermain merangkai
kalimat.
5.
Perwakilan kelompok maju ke depan dan mengambil sebuah kata
yang telah disiapkan guru.
6.
Tiap siswa diminta menambahkan sebuah kata secara berantai
sampai membentuk kalimat.
7.
Kelompok yang berhasil membuat sebuah kalimat lengkap
mendapatkan poin.
8.
Demikian seterusnya sampai seluruh kata yang disiapkan
habis.
9.
Siswa diminta untuk berlatih menulis kalimat pada buku siswa.
10.
Selesai mengerjakan latihan, siswa membaca percakapan di buku siswa dan
memerankannya.
11.
Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai bentuk pengamalan sila pertama
Pancasila dari percakapan yang telah diperankan
|
|
Inti
Pertemuan ke 2
|
1.
1. Siswa mengulang dan mengingat kembali materi penjumlahan
dengan menghitung maju.
2.
2. Guru bertanya pada siswa, bagaimana jika menemukan soal
penjumlahan dalam angka yang besar dan tidak ada alat bantu berhitung berupa
benda?
3.
3. Guru menunjukkan tabel nilai tempat untuk menjelaskan
mengenai penjumlahan bersusun ke bawah.
Contoh : 17 + 12 = 29
4.
Gunakan benda atau gambar agar siswa dapat membayangkan
bentuk konkret dari angka tersebut.
5.
Siswa diminta untuk memperhatikan penempatan angka saat
menjumlahkan. Puluhan dengan puluhan dan satuan dengan satuan.
6.
Minta siswa untuk berlatih di buku siswa.
|
|
Penutup
|
1.
Peserta didik dan guru merefleksi proses pembelajaran dengan cara membuka
kesempatan tanya jawab. (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
2.
Guru menanyakan perasaan siswa saat belajar.
3.
Melakukan penilaian hasil belajar.
|
15 menit
|
11.
PENILAIAN
- Tes tertulis.
- Skoring:
• Setiap kalimat yang tepat mendapatkan nilai 2.
• 1 soal mendapatkan 2 poin.
• Total skor adalah 2 x 5 = 10.
Nama Siswa
|
PEROLEHAN SKOR
|
||
MEMBUAT KALIMAT
|
PENJUMLAHAN
|
||
1
|
AHDAN
NATSIR SURYA A
|
|
|
2
|
ANANTA
RAFLI A
|
|
|
3
|
INTAN
SAJIDA ZIDNI R
|
|
|
4
|
MUHAMMAD
FADHIL F. I
|
|
|
5
|
NABILA
ALIEF WAFIQ A
|
|
|
6
|
NAUFAL
KHAIRULLOH
|
|
|
7
|
NAZMI
PAUJIAH
|
|
|
8
|
RAHMAH
ROPIPAH AHYANI
|
|
|
9
|
ROZAAN
SHARIM RABBANI
|
|
|
10
|
SALSABILA
YUSUF
|
|
|
11
|
MUHAMMAD
FAZA
|
|
|
Bandung , 24 juni
2014
Mengetahui GURU
Kepala Sekolah,
IRFAN ROFIQ, H.R, S.Ud. POPPY FAUZIAH
0 Response to "RPP 2013"
Post a Comment