Contoh Laporan PPL

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang
Praktik Pengalaman Lapangan adalah kegiatan yang sangatpenting bagi setiap calon pendidik. Praktik ini berguna dalam mematangkan dan memproses calon pendidik dalam tugas yang akan disandangnya kelak sebagai tenaga pendidik dan pengelola lembaga pendidikan.
Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan PPL dilatih untuk melakukan kegiatan sebagai guru yang dibimbing, diarahkan, dan dituntun oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Para mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam pelaksanaan PPL sehingga sukses menjadi pendidik baik sebagai guru maupun sebagai peran lainnya.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang kami laksanakan di MI Negeri 1 Kota Bandung yang beralamat di Jl.Sindangsari No.12–Cipadung Kulon- Cibiru Kota Bandung. Sebelum melaksanakan PPL, terlebih dahulu melakukan Pembukaan PPL pada tanggal 18 Juli 2013, yang dihadiri oleh para praktikan, Dosen Pembimbing, Kepala Sekolah, guru-guru dan staf Tata Usaha.
Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Cicendo yang lahir cukup panjang berawal dari  perjalananan Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta yang sudah mendapat kepercayaan masyarakat dengan baik, Nama MIS saat itu adalah MIS “Al-Fitroh” namun selang beberapa tahun kurang lebih 9 (sembilan) tahun dari tahun 1975 sampai dengan tahun 1984 sudah mengeluarkan alumnus   berprestasi dan banyak diterima di Sekolah SMP Negeri, dalam perjalanannya  mendapat   hambatan yang cukup berat dengan lahirnya kelompok yang ingin menghancurkan dan tidak senang dengan berdirinya Madrasah sehingga harus berhadapan dengan Pemerintah Daerah untuk di pending keberadaannya, karena status kepemilikan tanah Milik PEMDA (sewa),  bersamaan dengan itu  Dinas terkait MI adalah DEPAG membidik MIS Al-Fitroh dinominasikan untuk menjadi MIN sehubungan dengan prestasi dan animo masyarakat yang cukup baik, dimana saat itu jarang Madrasah yang jumlah siswanya banyak, selain itu belum ada MIN di Kotamadya Bandung, karenanya DEPAG menetapkan MIS Al-Fitroh menjadi MIN satu-satunya di Kotamadya Bandung, maka pada tahun 1993 terbit Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 137 tanggal 13 Juli 1993 tentang perubahan status MIS Al-Fitroh menjadi MIN Cicendo. 
Setelah lahir SK Menteri Agama tersebut perjalanannya tidak Mulus, karena lakosi Madrasah Al-Fitroh tersebut digantungkan  oleh oknum pengurus masyarakat setempat yang tidak bertanggungjawab sehingga harus berpindah tempat, maka terjadilah pindah tempat, tepatnya di MIS Nurul Huda Jl.Supadio Jatayu masih dalam areal satu kecamatan Cicendo, setelah kurang lebih 3 (tiga) tahun berjalan di MIS Nurul Huda dengan  sarana prasarana yang serba kurang memungkinkan, maka perjalanan MIN Cicendo  harus mengalami pasang surut, namun dengan upaya Kandepag yang maksimal maka pada tahun 1996 dibangun gedung baru 3 (tiga) RKB dan 1 (satu) ruang kantor,  dengan lokasi yang berbeda tepatnya di Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Cibiru Kotamadya Bandung  kawasan Bandung Timur. Sejak tahun itulah perjalanan MIN Cicendo mengalami keajegan dalam lokasi pendiriannya sekalipun tempatnya tidak sesuai dengan nama aslinya. Cicendo berada di Cibiru sampai sekarang. Perkembangan dan prestasi setiap tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan bermula dari jumlah siswa 27 siswa sekarang sudah berjumlah 435 siswa (12 Juli 2010) dengan gedung madrasah yang baik dan permanen.



BAB II
KONDISI OBJEKTIF SEKOLAH/MADRASAH
A.    Kondisi Umum
1.      Gedung sekolah dan fasillitasnya
Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Cicendo yang lahir cukup panjang berawal dari  perjalananan Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta yang sudah mendapat kepercayaan masyarakat dengan baik, Nama MIS saat itu adalah MIS “Al-Fitroh” namun selang beberapa tahun kurang lebih 9 (sembilan) tahun dari tahun 1975 sampai dengan tahun 1984 sudah mengeluarkan alumnus   berprestasi dan banyak diterima di Sekolah SMP Negeri, dalam perjalanannya  mendapat   hambatan yang cukup berat dengan lahirnya kelompok yang ingin menghancurkan dan tidak senang dengan berdirinya Madrasah sehingga harus berhadapan dengan Pemerintah Daerah untuk di pending keberadaannya, karena status kepemilikan tanah Milik PEMDA (sewa),  bersamaan dengan itu  Dinas terkait MI adalah DEPAG membidik MIS Al-Fitroh dinominasikan untuk menjadi MIN sehubungan dengan prestasi dan animo masyarakat yang cukup baik, dimana saat itu jarang Madrasah yang jumlah siswanya banyak, selain itu belum ada MIN di Kotamadya Bandung, karenanya DEPAG menetapkan MIS Al-Fitroh menjadi MIN satu-satunya di Kotamadya Bandung, maka pada tahun 1993 terbit Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 137 tanggal 13 Juli 1993 tentang perubahan status MIS Al-Fitroh menjadi MIN Cicendo. 
Setelah lahir SK Menteri Agama tersebut perjalanannya tidak Mulus, karena lakosi Madrasah Al-Fitroh tersebut digantungkan  oleh oknum pengurus masyarakat setempat yang tidak bertanggungjawab sehingga harus berpindah tempat, maka terjadilah pindah tempat, tepatnya di MIS Nurul Huda Jl.Supadio Jatayu masih dalam areal satu kecamatan Cicendo, setelah kurang lebih 3 (tiga) tahun berjalan di MIS Nurul Huda dengan  sarana prasarana yang serba kurang memungkinkan, maka perjalanan MIN Cicendo  harus mengalami pasang surut, namun dengan upaya Kandepag yang maksimal maka pada tahun 1996 dibangun gedung baru 3 (tiga) RKB dan 1 (satu) ruang kantor,  dengan lokasi yang berbeda tepatnya di Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Cibiru Kotamadya Bandung  kawasan Bandung Timur. Sejak tahun itulah perjalanan MIN Cicendo mengalami keajegan dalam lokasi pendiriannya sekalipun tempatnya tidak sesuai dengan nama aslinya. Cicendo berada di Cibiru sampai sekarang. Perkembangan dan prestasi setiap tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan bermula dari jumlah siswa 27 siswa sekarang sudah berjumlah 435 siswa (12 Juli 2010) dengan gedung madrasah yang baik dan permanen.
     1.  Nama Madrasah                                    : MI Negeri Cicendo
     2.  Alamat Madrasah                                 
a.       Jalan                                  : Sindang Sari No.12
b.      Kelurahan                          : Cipadung Kulon
c.       Kecamatan                                    : Panyileukan
d.      Kota                                  : Bandung
e.       Propinsi                             : Jawa Barat
f.       Nomor Telpon                   : (022) 7080 8440
3.      Nama Yayasan                         : ---
4.      Status Sekolah                         : Negeri
5.      Tahun Akreditasi                                 : 2010 Terakreditasi “A”
6.      NSM                                        : 111.1.32.73.001
7.      Tahun Berdiri                           : 1995
8.      Nama Kepala Sekolah              : Drs. H Ade Sukmana M.M.Pd

Fasilitas Sekolah
NO
JENIS RUANGAN
JUMLAH RUANG
KONDISI
1.
Ruang Kelas
9
Baik
2.
Ruang Kepala Madrasah
1
Baik
3.
Ruang Guru
1
Baik
4.
Ruang Tata Usaha
1
Baik
5.
Ruang Perpustakaan
1
Kurang Memadai
6.
Ruang Lab Komputer
1
Kurang Memadai
7.
Ruang UKS
1
Kurang Memadai
8
Ruang Kesenian
1
Kurang Memadai
9
Ruang Laboratorium
0
Kurang Memadai
10
Mushola
1
Baik
11
Ruang Lain-lain
1
Kurang Memadai






2.      Struktur Guru dan Pegawai Sekolah
KEPALA MIN I

Drs H.ADE SUKMANA

M.MPd


MAJLIS MADRASAH

NANDANG HIDAYAT



WAKAMAD

WAKAMAD

Hj NANI R, M.Ag

SOLEHUDIN M.Ag



T U
BENDAHARA

ULE JULAEHA, S.Pd.I
Dra.IKA HELAWATI

EVI PRIMAWATI


GHARIZA SWASTI R


GR KLS I A
GR KLS I B
GR KLS I C
GR KLS II A
GR KLS II B
         IMAS H
RIMA K F
MASTUROH
Hj.NANI R
SITI SOLIHAH
          S.Pd.I
S.Si
S.Pd.I
M.Ag
S.Pd.I

GR KLS II C
GR KLS III A
GR KLS III B
GR KLS IV A
GR KLS IV B
SITI N

ANDI ELLY H
PATONAH
ONIS AISYAH
SITI HANIAH
S.Pd.I

S.Pd.I
S.Pd.I
S.Pd.I
A.Ma

GR KLS V A

GR KLS V B

GR KLS VI A
GR KLS VI B
GR PJOK
EUIS N
IIS SITI N
NANANG AA
SOLEHUDIN
Drs.SUTONO
S.Pd.I
S.Ag
S.Pd.I
M.Ag
M.Pd

GURU B STUDI
GURU B.STUDI
GR B.Inggris
GR B.STUDI
GR PJOK
Dra.IKA HELAWATI
SUSTIRAHAYU
ISNAINI
AAN NURLINA
YANYAN
S.Ag
S.Pd
A.Md
S.Pd

GURU B.STUDI
GR B.STUDI
GR B.STUDI

RIZA S
ONENG
RIRI RM

S.Psi
S.Pd.I
A.Ma


S I S W A



Garis Koordinasi


Garis Perintah



Pegawai Sekolah
NO
NAMA
AGAMA
PANGKAT
NAMA JABATAN
NIP LAMA
NIP BARU
GOL.
TMT
RUANG
1
2
2
3

3
4
4
1
Drs.H. Ade Sukmana, M.MPd
Islam
150250618
19650619 199203 1 001
(IV/a)
Oct-02
Kepala MIN Cicendo
2
Hj. Nani Rohaeni, M.Ag
Islam
150274803
19690111 199503 2 002
(IV/a)
Apr-11
Guru MIN Cicendo
3
Euis Nurhayati, S.Pd.I
Islam
150272968
19681011 199403 2 001
(IV/a)
Apr-11
Guru MIN Cicendo
4
Solehudin, M.Ag
Islam
150269907
19700227 199403 1 003
(IV/a)
Apr-11
Guru MIN Cicendo
5
A. Maryatin, S.Ag
Islam
150181071
19520508 197711 2 001
(IV/a)
Oct-11
Guru MIN Cicendo
6
Dra. Ika Helawati
Islam
150262813
19690219 199303 2 002
(III/d)
Apr-07
Guru MIN Cicendo
7
Onis Aisyah, S.Pd.I
Islam
150274722
19710911 199503 2 001
(III/d)
Apr-09
Guru MIN Cicendo
8
Andi Elly Holifah, S.Pd.I
Islam
150296013
19730315 199903 2 002
(III/d)
Oct-11
Guru pd MIN Cicendo
9
Ule Julaeha
Islam
150222420
19630705 198503 2 001
(III/c)
Apr-07
Pengadm. Kesiswaan MIN Cicendo
10
Iis Siti Nurhasanah, S.Ag
Islam
150288462
19760628 199803 2 002
(III/c)
Apr-09
Guru MIN Cicendo
11
Drs. Sutono, M.M.Pd
Islam
150345660
196605152005011005
(III/c)
Apr-11
Guru MIN Cicendo
12
Hj. Kartini
Islam
150197002
19560701 198003 2 001
(III/b)
Apr-01
Pengadm. TU pada MIN Cicendo
13
Siti Haniah, A.Ma
Islam
150290464
19751225 199903 2 003
(III/b)
Apr-10
Guru MIN Cicendo
14
Evi Primawati
Islam
150235264
196408191988032001
(III/b)
Apr-07
Pengadm. TU pada MIN Cicendo
15
Patonah
Islam
150347168
19700111 200501 2 003
(III/a)
Oct-09
Guru MIN Cicendo
16
Nanang Ahmad A,S.Pd.I
Islam
150374630
198006292005011003
(III/a)
Oct-09
Guru MIN Cicendo
17
Masturoh, S.Pd.I
Islam
150344907
19840307 200501 2 00 1
(III/a)
Apr-10
Guru MIN Cicendo
18
Siti Solihah, S.Pd.I
Islam
150344910
19830104 200501 2 007
(III/a)
Apr-10
Guru Kelas pada MIN Cicendo
19
Ani Fatimah Zahra Saifi
Islam
150345397
19840810 200501 2 002
(III/a)
Apr-09
Pengadm. Pd. MIN Cicendo
20
Rima Karimatul Fuadah, A.Ma
Islam
150345385
19791216 200501 2 007
(II/d)
Oct-11
Guru pada MIN Cicendo
21
Imas Hasanah, S.Pd.I
Islam
-
197205122009012004
(II/b)
Jan-09
Guru MIN Cicendo
22
Siti Nursaidah, S.Pd.I
Islam

150401286


197109102007012030

(II/b)


23
Ghariza Swasti Rahadian
Islam
-
198502232009102001
(II/a)

Pengadm. TU pada MIN Cicendo
24
Riri Rahmania M
Islam

GT Honorer

2005
GTT MIN Cicendo
25
Oneng S.Pd.I
Islam

GT Honorer

2007
GTT MIN Cicendo
26
Isnaini S.Pd
Islam

GT Honorer

2007
GTT MIN Cicendo
27
Riza Hastisusanti S.Psi
Islam

GT Honorer

2007
GTT MIN Cicendo
28
Yanyan Sofyan
Islam

GT Honorer

2007
GTT MIN Cicendo
29
Sustirahayu S.Pd.I
Islam

GT Honorer

2008
GTT MIN Cicendo
30
Aan Nurlina S.Pd.
Islam

GT Honorer

2008
GTT MIN Cicendo
31
Neni Nadiroti Muslihah
Islam

GT Honorer

2009
GTT MIN Cicendo
32
Abdul Somad S.Pdi
Islam

GT Honorer

2009
GTT MIN Cicendo
33
Endang Solihin
Islam

Penjaga Madrasah

1995










3.      Organisasi sekolah
3.1        OSIS
Organisasisiswa intra sekolah (OSIS) belumditerapkandalamsekolah MI/SD
3.2        Dewan/komite sekolah
Ada berbagaidefinisiataubatasanorganisasi.Salah satudefinisitersebutadalahsebagaiberikut.Organisasiadalahkesatuan (entity) social yang dikoordinasikansecarasadar, dengansebuahbatasan yang relative dapatdiidentifikasi, yang bekerjaatasdasarketerkaitan yang relative terusmenerusuntukmencapaitujuanatausekelompoktujuan.Definisiinisangatcocokjikaditerapkanpadaorganisasikomitesekolah.
DAFTAR KOMITE SEKOLAH SETIAP KOMPLEK
KECAMATAN CIBIRU
NO
NAMA KOMPLEK
NAMA KOMITE
1
Komplek SDN Hanura I
Beni Sudiarto
2
Komplek SDN Cilengkrang I, II, III
H. Sutisna Miharja
3
Komplek SDN Sukapura I, II
Ir. Rachmat, M.Sc
4
Komplek SDN Tarka I, IV
Dedi Adjid
5
Komplek SDN Tarka II, III, V
Asep M.S
6
Komplek SDN Cipadung I, II
U. Suryana
7
Komplek SDN Cipadung III, IV
Husen Bisri
8
Komplek SDN Pelita I, II
Dr. H. Dadang Supardan
9
Komplek SDN Sukarela I, II
H. Sulaeman
10
Komplek SDN Sukarela III, IV
Drs. A. Syarifudin
11
SD Muhammadiyah

12
MIN Cicendo
Nandang Hidayat
13
MI Nurul Huda

14
MI Al-Misbah

15
Komplek SDN Cibiru III, IV
Drs. Sururi, SH
16
Komplek SDN Cibiru I, V, VII
E. Rohaedi. S
17
Komplek SDN Cikudayasa
Eman Sulaeman
18
Komplek SDN Panyileukan I, II
Drs. Wita Sutrisna, M.Pd
19
Komplek SDN Panyileukan III
Dodo. D. Domik
20
Komplek SDN Cigagak I, II
Edi Djunaedi

Komite Sekolah Se-Kecamatan CibiruTahun 2005-2006
NO
NAMA
ALAMAT SEKOLAH
ALAMAT RUMAH
1
Nandang Hidayat
MIN Cicendo
Ujung Berung
Tlp. 7806105
2
Beni Sudiarto
SD Hanura (Jl. Cilengkrang I Gigupakan 0 /09 Cisurupan
Idem
3
U. Suryana
Cipadung I/II Cipadung
Cipadung RT 01/06
4
Asep M.S
SDN Tarka II, III, V
Vijaya Kusumah
Hp. 0852 206 68091
5
Husen Bisri
SDN Cipadung III/IV
Cipadung RT 05/12 SDN Cipadung III/IV
6
Dedi Adjid
Jl. SDN Tarka I/IV
Jl. Cilengkrang II
7
Dr. H. Dadang Supardan
Jl. Desa Cipadung SD Pelita I/II
Jl. Manisi Cibiru
8
E. Rohaedi. S
SD Cibiru I, V, VII
Permata Biru Blok X No.20 RT 02/23
Tlp. 70783337
9
Ir. Rachmat, M.Sc
SD Sukapura I, II
Jl. Manglayang I
10
Drs. Sururi, SH
Cibiru III, IV
Jl. Gudang Sikat
11
Eman Sulaeman
SD Cikudayasa I, III
Kp. Cikuda
12
Drs. A. Syarifudin
SD Sukarela III, IV
Jl. Panyawangan No.7
13
H. Sulaeman
SD Sukarela I, II
Jl. Mekarmulya No.40
14
H. Sutisna Miharja
SDN Cilengkrang I, II, III
Jl. Cilengkrang I
No. 134
15
Nano Daryono, S.Ag
SDT Krida Nusantara
Jl. Cipadung
16
Didi Supriadi
Cikudayasa I
Jl. Cipadung
17
Dr. Dadang Supardan, M.Pd
SDN Pelita I, II
Jati
18
Drs. Husen. B
SDN cipadung 04/03

19
Dodo D. Domik
SDN Panyileukan III

20
Drs. Wita Sutrisno, M.Pd
SDN Panyileukan I, II

21
Edi Djuardi
SDN Cigagak I, II


4.      Kegiatan ekstra kurikuler sekolah
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri  dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik. Pengembangan diri untuk satuan pendidikan khusus menekankan pada peningkatan kecakapan hidup dan kemandirian sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik.
  Meliputi Kegiatan :


1. Pramuka
2. Kesenian Derah Seni Gamelan
 3. Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah
 4. Pidato Keagamaan (Da’i Cilik)
 5. Putsal
 6. Karate
 7. Marching Band
 8. Komputer



5.      Rapat sekolah
Macam-macamrapat yang ada di MIN Cicendomeliputi:
a)   RapatGabunganPenyusunan Program
b)   RapatPembagianTugas
c)   RapatDewan Guru
d)  Sosialisasi dengan orang tua
Rapat sosialisasi dengan orang tua adalah rapat yang biasanya dilaksanakan setahun sekali pada awal tahun ajaran baru dimana sekolah mengundang pihak orang tua siswa untuk bersilaturrahmi dan membahas atau mensosialisaiskan beberapa hal :
a.    Program pembelajaransatutahun
b.   Pembiayaanpendidikan
c.    Hal-halmengenaiperaturan
d.   Hal-halmengenaidukunga orang tuapadasekolah.
1)   Rapat akhir tahun / kenaikan kelas
a). RapatAkhirTahun
Rapatakhirtahunadalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapakhirtahunajaran.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah :
a.       Evaluasikegiatanbelajarmengajar yang telahberlangsungselamasatutahun.
b.      Hal-hal yang berkaitandenganadministrasisekolah, misalnyasumbanganPembangunan Pendidikan (SPP).
c.       Kelulusansiswa
b). RapatKenaikanKelas
Rapatkenaikankelasadalahrapat yang dilakukanpadaakhir semester genap yang dilakukanolehkepalasekolahdenganwalikelas.Adapunmateri yang di bahaspadamateriiniadalah:
a.       Kenaikankelas
b.      Hal-hal yang berkaitandengansiswa
2)      Ulangan umum dan ujian tengah semester
Rapatmenjelangulanganumumdanujiantengah semester adalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapmenjelangulanganumumdanujiantengah semester.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah :
a.       Penentuanwaktupelaksanaanulanganumumdanujiantengah semester
b.      Hal-hal yang berkaitandengansiswa
3)      Ujian akhir nasional
Rapatmenjelangujianakhirnasionaladalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapmenjelangujianakhirnasional.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah:
a.       Persiapanpelaksanaan UAN
b.      Hal-hal yang berkaitandengansiswa
4)      Pembiayaan ujian
Rapatpembiayaanujianadalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapmenjelangujianbaikituujiantengah semester, ujian semester, sampaidenganujianakhirnasional.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah persiapanpelaksanaanujiankhususnyadarisegipembiayaankegiatanujian.
5)      Sosialisasi dengan orang tua
Rapatsosialisasidengan orang tuaadalahrapat yang biasanyadilaksanakansetahunsekalipadaawaltahunajaranbarudimanasekolahmengundangpihak orang tuasiswauntukbersilaturrahmidanmembahasataumensosialisaiskanbeberapahal :
a.    Program pembelajaransatutahun
b.
Pembiayaanpendidikan
c.
Hal-halmengenaiperaturan
d. Hal-halmengenaidukungan orang tuapadasekolah.
6)      Kelulusan
Rapat kelulusan adalah rapat yang diadakan setahun sekali untuk mempersiapkan standar kelulusan anak-anak pada ujian akhir sekolah.
7)      RapatAwalTahun
Rapatakhirtahunadalahrapat yang dilaksanakanpadasetiaptahunajaranbaru.Adapunmateripadapembahasanrapatiniadalah:
a.    Hal-hal yang berkaitandenganpenerimaansiswabaru
b.   Hal-hal yang berkaitandenganadministrasisiswabaru
c.    Hal-hal yang mengenaiwalikelas
Pimpinanrapatinibiasanyaolehkepalasekolah.Rapatinidihadiriolehseluruhanggotayaitu guru-guru, bagiankurikulumtermasukbagiantatausaha, dan orang tuasiswa.
8)      Evaluasi guru
Rapat ini adalah rapat yang diselenggarakan untuk mengevaluasi proses belajar mengajar  baik itu dari segi guru atau siswa. biasanya membahas :
a.    Perkembangan pembelajaran
b.    Kesulitan-kesulitan
c.    Solusi-solusi permasalahan.
6.      Sistem kesejahteraan sekolah
a)      Pengelolaan Keuangan (Kesejahteraan Madrasah)
Untuk pengelolaan sendiri di MI Negeri Kota Bandung hamper semua keuagan itu berasal dari dana bantuan pemerintah (baik pemerintahan Pusat ataupun Daerah). Diantaranya:
Ø  Gaji Guru honorer bergantung ke dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
Ø  Sekolah tidak menyediakan beasiswa tetapi ada bantuan dari sekolah untuk siswa yang kurang mampu
Ø  Sekolah tidak memungut biaya administrasi pendaftaran siswa baru
Ø  Untuk bangunan merupakan milik pemerintah.

b)      Pengelolaan Ketatausahaan
Pengelolaan ketatausahaan berkaitan dengan pencatatan, pengumpulan, dan penyimpanan data atau dokumen-dokumen penting yang ada di sekolah/madrasah. Dalam bidang ketatausahaan di Madrasah Ibtidaiyah ini menyangkut
Ø  Kesiswaan dan buku induk yang menyimpan data dan dokumen untuk membantu laporan mengenai masuk dan keluarnya siswa.
Ø  Surat menyurat
c)      Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat
Hubungan Madrasah dengan warga masyarakat sangat terjalin dengan baik. Karena madarasah ini berada di lingkungan masyarakat, sehingga madrasah ini mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.
Dengan terjadinya hubungan yang baik, maka para orang tua/wali siswa dari kelas I-VI pun membentuk sebuah ikatan atau kelompok yang selalu berkomunikasi (merundingkan) dengan staff pengelola madrasah jika akan mengadakan suatu kegiatan demi berlangsungnya kelancaran suatu kegiatan.
Sehingga ketika ada kegiatan di madrasah selalu mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat, baik mulai ada bakti social ataupun bazar yang berkaitan dengan kesosialan. 
7.      Lain-lain
Perpustakaan
Perpustakaan yang ada di MI Negeri 1 Kota Bandung dibuka tahun pelajaran 2006/2007 dengan pengelolaan adalah ibu Riri Rahmania, M.a.Ma. di bawah pengawasan kepala madrasah yaitu Drs. H. Ade Sukmana, M.M.Pd
Jumlah buku yang ada di perpustakaan MI Negeri 1 Kota Bandung ini adalah sebanyak 2000 item yang terdiri dari buku fiksi dan buku non fiksi. Buku perpustakaan MI Negeri 1 Kot Bandung memiliki 2 ruangan, yaitu ruangan ke-1 yang berdampingan dengan Lab. Komputer dan ruangan Guru, kemudian ruangan ke-2 berada di lantai 2 tepatnya berada di ruang kelas yang disimpan di rak buku. Dengan status kepemilikan adalah milik sekolah sendiri.
Sumber buku yang ada di perpustakaan MIN 1 berasal dari BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan dari Depag. Terakhir menerima bantuan buku pada tahun 2004. Mengenai administrasi manajemen perpustakaan belum berjalan maksimal karena keterbatasan personil dan keterbatasan dana dalam pengefektifan perpustakaan. Hal tersebut terlihat dari belum adanya kartu perpustakaan jka siswa ingin meminjam buku maka siswa harus mengisi buku peminjaman terlebih dahulu sebagai data administrasi.
Dalam peminjaman buku Paket mata pelajaran hanya dipinjamkan ketika pembelajaran berlangsung dan tidak boleh dibawa pulang ke rumah. Kecuali ada izin wali kelas dan koordinasi pengelola perpustakaan. Keefektifan penggunaan perpustakaan masi krang hal tersebut terlihat dari frekuensi data kunjungan siswa yang masi kurang / jarang.
Laboratorium
Laboraturium yang tersedia di MI Negeri 1 Kota Bandung ini hanya lab. Komputer saja. Dimana lab tersebut hanya aktif dalam beberapa tahun terakhir saja, yakni sampai tahun 2009 dengan di bawah binaan Bapak Soleh. Pada tahun 2010 lab.komputer ini mulai tidak aktif lagi, dikarenakan tidak adanya staff pengajar yang ahli.
Pembelajaran komputer ini termasuk dalam mata pelajaran ekstra kulikuler, dengan waktu pelaksanaannya di luar jam pelajaran biasa.
UKS
UKS yang ada di MI Negeri 1 Kota Bandung tidak dikelola oleh orang khusus, karena tidak adanya staff ahli. Sehingga pengelolaan diserahkan pada guru piket saja, ruang UKS berdampingan dengan ruang guru.
B.     Kondisi Khusus Pembelajaran
PadasaatkegiatanPraktikPengalamanLapangan (PPL) di MIN Cicendo Kota Bandung berlangsung, penyusunpernahmengajar di:
Ø  Kelas 1 Mata pelajaranMatematika.
Ø  Kelas 3 Mata PelajaranBahasa Indonesia
Ø  Kelas 5 Mata Pelajaran IPS
Ø  Kelas 6 Mata PelajaranFiqih
Ø  Kelas 4 Mata PelajaranBahasa Indonesia
Ø  Kelas 4 Mata Pelajaran Quran Hadis
Metode yang digunakanolehpenyusundiantaranya: MetodeDemonstrasi, Metode Tanya jawab, MetodePenugasan, MetodeCeramah.






BAB III
TEMUAN DAN PEMBAHASAN
A.    Temuan
Berdasarkan  hasil observasi yang telah penyusun lakukan sebelum dan saat kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung penyusun memperhatikan beberapa  hal yang menjadi perhatian penyusun dalam melakukan penelitian. Adapaun hal-hal yang menjadi perhatian penyusun dalam menyusun laporan ini adalah:
1.        Kondisi Sekolah.
2.        Pengelolaan fasilitas.
3.         Kegiatan Ekstra kurikuler.
B.     Pembahasan
Kondisi sekolah MIN Cicendo ini cukup baik, sekolah ini memiliki lantai dua, memiliki ruangan 10 ruangan kelas, Memiliki mushalla, sekolah belum memiliki fasilitas yang cukup dikarenakan tempatnya terlalu sempit. Akan tetapi pihak sekolah tidak pernah mempermaslahkan hal itu dan tidak membuat sekolah menjadi patah semangat untuk menjadikan sekolah ini menjadi sekolah favorit, dan pihak sekolah memang membuktikan bahwa sekolah ini patut untuk diperhitungkan oleh pemerintah. Buktidarisekolahiniadalah, sekolahinimendapatakreditasi A.
Kegiatanekstrakurikuler yang ada di MIN Cicendodilaksanakanpadaharijumatdansabtu,.Kegiatanekstrakurikulermeliputi:
1. Pramuka
2. Kesenian Derah Seni Gamelan
 3. Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah
 4. Pidato Keagamaan (Da’i Cilik)
 5. Putsal
 6. Karate
 7. Marching Band
 8. Komputer

BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
MeskipunSekolah MIN Cicendomemilikifasilitas yang kurang, akantetapisekolah MIN CicendodapatmembuktikandiribahwaSekolah MIN Cicendoadalahsekolah yang luarbiasa, meskipundihimpitolehfasilitasakantetapisekolahiniberhasilmendapatakreditasi yang sangatmenuaskanyaituakreditasi A.





















Lampiran


PETA ALAMAT MIN 1 KOTA BANDUNG

 
















KegiatanPrestasi yang diraiholehSekolah MIN Cicendodiantaranya:


PICT0258



DSC00315


PICT0257

Grup Angklung MIN 1
dalam Pembukaan
Ramadhan Fiesta 2009 MK2MI
Propinsi Jawa Barat

Grup Marching Band dalam Pembukaan PORSENI 2009
Tingkat Kota Bandung



Shilah dalam mengisi pembukaan
Ramadhan Fiesta 2009 MK2MI Jawa Barat

PICT0284


DSC00327

PICT0287
Siswa MIN Dalam Melaksanakan Upacara Bendera Senin Pagi
7 Piala yang telah diraih Siswa MIN pada Porseni Kota Bandung 2009
Guru dan Pembina Upacara pada Upacara Senin Pagi

PICT0146

DSC00342

PICT0131

Petugas Puskesmas sedang memberikan pasta gigi pembersih pada kegiatan Sikat Gigi Massal
Para siswa dan Guru Pembimbing peraih prestasi Porseni 2009
Kegiatan Sholat Dhuha setiap Jum’at pagi


0 Response to "Contoh Laporan PPL"