RESUME
Pembangunan Anak
Perkembangan anak
mengacu pada perubahan biologis dan psikologis dan dipengaruhi oleh
faktor-faktor genetik dan selama hidup pranatal, genetika dan perkembangan
janin. Beberapa periode pembangunan berkaitan berkaitan dengan usia dan contoh
interval pasti adalah : bayi baru lahir (usia 0-1bulan), bayi (usia
1bulan-1tahun), balita
(usia 1-3 tahun),
anak prasekolah (usia 4-6 tahun), sekolah- anak usia (usia 6-13 tahun), remaja
(usia 13-20 tahun).
Jean Piaget
perkembangan kognitif
Dia
menyarankan peranan orang dewasa dalam membantu anak-anak belajar adalah
menyediakan bahan-bahan yang sesuai bagi anak untuk berinteraksi dan membangun.
Sensori motori
(melahirkan sekitar umur 2)
Anak
terpisah dari lingkungan orang tuanya, lingkungannya dan mainan favoritnya. Pengajarannya
harus mengarah pada sensori motor.
Praoperasional
(anak mulai bicara pada usia sekitar umur 2 tahun)
Menerapkan
pengetahuan baru tentang bahasa, menggunakan simbol, mewakili objek.
Beton (sekitar
kelas satu untuk remaja awal)
Anak mengembangkan kemampuan berfikir secara abstrak dan untuk membuat
penilaian rasional tentang fenomena yang diamati.
Formal operasi
(masa remaja)
Pada masa ini ia mampu berhipotesis dan
penalaran deduktif.
Lev vygotsky dan
psikologi budaya-historis
Ia menemukan bahwa anak-anak belajar
melalui pengalaman. Vygotsky merasa bahwa pembangunan adalah proses dan melihat
masa-masa kritis dalam perkembangan anak dimana ada transformasi kualitatif
fungsi mental anak.
Teori prilaku
Sistem Dinamis teori juga berkaitan
dengan konsep proses transaksi, proses saling interaktif di mana anak-anak dan
orang tua secara simultan saling mempengaruhi satu sama lain, menghasilkan
perubahan perkembangan di kedua dari waktu ke waktu.
Pertumbuhan Fisik
Meningkatkan postur
dan berat badan, proporsi individu juga berubah, dari kepala relatif besar dan
badan kecil dan anggota badan neonatus, relatif kecil untuk orang dewasa
panjang kepala dan badan dan anggota badan.
Mekanisme perubahan
pembangunan
faktor genetik dapat menghasilkan
pertumbuhan maksimum hanya jika kondisi lingkungan yang memadai.
0 Response to "Perkembangan peserta didik"
Post a Comment