RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SIKLUS I
Nama Sekolah : MI Al- Muslimin
Mata
Pelajaran : Quran Hadis
Kelas/ Semester : IV/ Genap
Pertemuan ke : I
Alokasi Waktu :2 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
1.1
Memahami arti
surah pendek dan hadis tentang niat dan silaturrahim
II.
Kompetensi Dasar
2.1
Mengartikan
surah Al-Lahab
III.
Indikator
3.1
Membaca surah
Al- Lahab.
3.2
Mengartikan
surah Al-Lahab ayat 1 s/d 5.
3.3
Mengartikan kosakata surah Al-Lahab.
IV.
Tujuan Pembelajaran
4.1
Siswa dapat membaca
surah Al- Lahab dengan baik dan benar.
4.2
Siswa dapat mengartikan
surah Al- Lahab ayat 1 s/d 5 dengan baik dan benar.
4.3
Siswa dapat mengartikan kosakata surah Al-Lahab
dengan benar.
V.
Materi Pokok
A. Membaca Surah Al- Lahab
Surah
Al- Lahab adalah surah ke- 111, terdiri atas lima
ayat. Surah ini termasuk ayat-
ayat Makkiyah karena diturunkan
di Mekkah. Surah ini dinamakan Al- Lahab karena diambil dari
kata Lahab yang terdapat pada ayat ketiga. Al- Lahab artinya gejolak api,
maksudnya gejolak api neraka.
تَبَّتْ
يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ [١١١:١] مَا أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ [١١١:٢]
سَيَصْلَىٰ
نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ [١١١:٣] وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ [١١١:٤]
فِي جِيدِهَا
حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ [١١١:٥]
Artinya:
1.
Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan
sesungguhnya dia akan binasa.
2.
Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya
dan apa yang ia usahakan.
3.
Kelak dia akan masuk ke dalam api yang
bergejolak.
4.
Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu
bakar.
5.
Yang di lehernya ada tali dari sabut.
B.
Arti
Kata- kata
Nanti dia akan masuk
|
سَيَصْلَىٰ
|
Binasalah
|
تَبَّتْ
|
Ke dalam api neraka
|
نَارًا
|
keduaTangan
|
يَدَا
|
Yang
bergejolak, yang bernyala- nyala
|
ذَاتَ لَهَبٍ
|
Abu
Lahab
|
أَبِي لَهَبٍ
|
Dan
(begitupula) istrinya
|
وَامْرَأَتُهُ
|
Dan
sungguh dia akan binasa
|
وَتَبَّ
|
Membawa
|
حَمَّالَةَ
|
Tiadalah
|
مَا
|
Kayubakar
|
الْحَطَبِ
|
Berfaedah,
berguna
|
أَغْنَىٰ
|
Di
dalam
|
فِي
|
Kepadanya
|
عَنْهُ
|
Lehernya
|
جِيدِهَا
|
Hartanya
|
مَالُهُ
|
Ada
tali
|
حَبْلٌ
|
Dan
apa-apa, dan segala sesuatu
|
وَمَا
|
Dari
|
مِنْ
|
Yang
dia usahakan
|
كَسَبَ
|
Sabut
yang dipintal
|
مَسَدٍ
|
VI.
Model Pembelajaran
Model pembelajaran kooperatif tipe make a match
VII.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah- langkah kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberikan salam ketika masuk.
· Guru mengajak peserta didik untuk memulai pembelajaran dengan berdoa dan
membaca basmallah secara bersama- sama.
· Guru mengkondisikan siswa untuk duduk dengan rapih.
· Guru mengabsen siswa.
Apersepsi
· Guru mengajak siswa untuk menyanyikan yel- yel/jargon.
· Guru menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang Surah Al- Lahab.
·
Siswa dan guru bertanya jawab tentang arti Surah Al- Lahab.
Elaborasi
·
Guru menjelaskan tantang materi surah
Al-Lahab.
·
Siswa mendengarkan dengan baik materi yang
disampaikan guru tentang surah Al-Lahab.
·
Siswa membaca Surah Al- Lahab dan artinya bersama-sama yang dipimpin oleh guru.
·
Siswa mengartikan kosakata surah Al-Lahab.
·
Guru
membagi siswa dalam kelas menjadi 3 kelompok Dengan berbentuk U.
· Guru memberi teks bacaan
(teks surah Al- Lahab)
· Guru menyiapkan dan membagikan kartu-kartu pertanyaan untuk satu kelompok yang
berisi potongan ayat
yang telah disediakan dan terjemahnya satu-satu, kartu jawaban untuk satu kelompok. Satu kelompok sebagai kelompok penilai melihat ketepatan dalam melengkapi ayat dan terjemahnya yang ditempelkan oleh temannya.
· Masing-masing anggota kelompok
1 memegang kartu pertanyaan dan masing-masing anggota kelompok 2 memegang kartu jawaban
yang sudah diacak oleh guru.
· Guru memberi tanda
(peluit). Masing-masing anggota kelompok bergerak mencari pasangan (pertanyaan dan jawaban).
Bila sudah ketemu diberikan kepada tim penilai.
· Kelompok penilai melakukan penilaian apakah kartu-kartu pasangan itu cocok.
· Kelompok penilai menjelaskan hasil penilaian mereka terhadap pasangan kartu (pertanyaan dan jawaban)
· Guru mengadakan klarifikasi dari
jawaban siswa.
Konfirmasi
·
Guru dan siswa tanya jawab tentang materi
yang belum di mengerti.
|
50 menit
|
C.
Kegiatan akhir
·
Guru membuat kesimpulan tentang Surah Al-
Lahab.
·
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
|
10 menit
|
VIII.
Alat dan Sumber Belajar
·
Buku
Sumber :
Buku pelajaran Quran Hadis Madrasah Ibtidaiyah
untuk kelas IV, semester 1 dan 2.
·
Alat/
Bahan :
Kartu- kartu,
Kertas HVS , dan Peluit.
IX.
Penilaian
Indikator
|
Teknik penilaian
|
instrumen
|
Contoh
instrument/ jawaban
|
· Membaca surah Al-Lahab.
· Mengartikan surah Al-Lahab ayat 1/5.
· Mengartikan kosakata surah Al-Lahab.
|
Lisan
|
Uraian
|
1. Bacalah surah Al-Lahab ayat 1 sampai 5!
2. Artikanlah surat Al-lahab ayat 1/5!
3. Artikan kosakata berikut ini حَبْلٌ!
4. Artikan kosakata berikut ini كَسَبَ!
5. artikan kosakata berikut ini فِي!
Jawaban
2. Artinya:
Binasalah
kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa.Tidaklah berfaedah
kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.Kelak dia akan masuk ke
dalam api yang bergejolak.Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar.Yang
di lehernya ada tali dari sabut.
3. ada tali.
4. di dalam.
5. yang diausahakan.
|
X.
Prosedur Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
membaca
|
Mengartikan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Guru peneliti
Evi anjani Muhammad
NIM:
1210209099
Kepala
Sekolah
(H.
Nana Suryana S. Pd
0 Response to "RPP quran hadis dengan model make a match"
Post a Comment