Penilaian oleh Satuan Pendidikan
Penilaian hasil belajar yang
dilakukan oleh satuan pendidikan dimaksudkan untuk menilai pencapaian
kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran. Penilaian tersebut meliputi
penentuan KKM, penentuan kriteria kenaikan kelas, penentuan kriteria program
pembelajaran bagi satuan pendidikan yang menerapkan sistem paket dan sistem
kredit semester, penyelenggaraan ujian sekolah, dan penentuan kelulusan.
Mata pelajaran yang diujikan
adalah mata pelajaran yang tidak termasuk dalam mata pelajaran ujian nasional.
Cakupan materinya diambil dari materi kelas 4, 5, dan 6.
1. Waktu
Penentuan KKM ditetapkan pada
awal tahun pelajaran melalui musyawarah antara guru, kepala sekolah, dan stake
holder lainnya. Begitupula penentuan kriteria kenaikan kelas sebaiknya melalui
musyawarah warga sekolah dan stake holder.
Pelaksanaan ujian sekolah
dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran.
2. Teknik
Teknik pelaksanaan ujian sekolah
dapat diberikan dalam bentuk tertulis dan praktik
3. Langkah-langkah menentukan KKM
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan mempertimbangkan
tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta
kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah, sarana dan prasarana
dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan
kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria
ketuntasan ideal.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
menentukan KKM adalah sebagai berikut:
1. Hitung
jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas!
2. Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan
dengan kemampuan masing-masing aspek:
a. Aspek Kompleksitas:
Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah tetapi
semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
b. Aspek Sumber Daya Pendukung
Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin
tinggi.
c. Aspek intake
Semakin tinggi kemampuan awal
siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.
3. Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk
menentukan KKM setiap KD!
4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD
untuk menentukan KKM mata pelajaran!
5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung
pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.
CONTOH
MATA PELAJARAN :
IPS
KELAS :
IV
Jumlah KD 10
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPLEK-SITAS
|
SUMBER
DAYA PENDUKUNG
|
INTA
KE
(PO-
TENSI
SIS-
WA)
|
KETUN-
TASAN KD
(%)
|
|
Pendidik*)
|
Sarana
Prasa-rana**)
|
|||||
40 -100
|
40-100
|
40-100
|
40-100
|
|||
1. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/
kota dan
provinsi
|
Membaca peta
lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala
sederhana
|
80
70
70
60
70
Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya
70
70
70
60
66
Menunjukkan jenis
dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatan-nya untuk kegiatan ekonomi
di lingkungan setempat
60
70
70
60
63
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
(kabupaten/kota, provinsi)
70
80
70
70
72
Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan
setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya
70
80
70
70
72
Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di
lingkungannya
60
80
70
60
67
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan
ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/
kota dan
provinsi
2.1. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi
lain di daerahnya
80
80
70
70
75
2.2. Mengenal pentingnya koperasi
dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
80
80
70
70
75
2.3. Mengenal perkembang an teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta
pengalaman menggunakanny
70
70
70
70
70
2.4. Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
60
70
70
60
65
Jumlah
10 KD
695
KKM IPS Kelas IV
695 : 10 = 69,5
Keterangan
*) Pendidik :
Evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri
**) Sarana prasarana :
Alat Peraga, Media, Buku Teks, lingkungan
Rentang nilai antara 40 – 100,
merupakan nilai yang dapat ditentukan oleh sekolah untuk menentukan berapa
besar kekuatan untuk masing-masing aspek/komponen.
Rentang Nilai:
80-100 : Tinggi
60-79 : Sedang
40-59 : Rendah
0 Response to "Cara Menetukan/Menghitung KKM di SD"
Post a Comment