Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : MIS Al
Muslimin
Kelas/Semester : 1/I
Tema :Diriku
Subtema :
Aku dan Teman Baru
Pertemuan : I
Alokasi Waktu :
175 Menit
A. 1. KI1
2. KI2
3. KI3
Matematika: Mengenal bilangan
asli sampai 99 dengan menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4. KI4 Melaksanakan tat tertib di rumah dan di
sekolah
B. Kompetensi Dasar
Matematika:
3.1 Menghitung banyak benda
1-5
PPKn:
4.1 Menjalankan peraturan pada
permainan di sekolah
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengikuti
permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2. Dengan mengamati
teman, siswa mampu mengetahui aturan yang ada dalam permainan.
D. Materi Pembelajaran
Mengenal konsep Bilangan
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Demonstrasi, ceramah, tanya jawab
F. Media
1. Potongan kertas
bertulis angka 1-5 sebanyak 3 set atau lebih
G. Sumber Belajar
Buku Siswa Kelas I
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan
salam kepada siswa.
· Guru mengajak siswa
untuk berdoa sesuai dengan agama masing-masing.
· Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
· Guru mengajak
berdinamika dengan tepuk tangan secara kompak.
· Guru bertanya jawab
tentang mengapa harus mengucap salam.
· Guru meminta
informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang dilaksanakan pada hari ini.
· Guru
menginformasikan tentang tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
|
35 Menit
|
Inti
|
1. Guru menyampaikan
bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk
berhitung 1-5.
2. Guru mengenalkan
konsep dan lambang bilangan 1-5
3. Guru menempelkan
kertas bertuliskan angka 1-5 di
beberapa bagian kelas. Misalnya angka 1 di satu sudut kelas, angka 2 ditempel
di papan tulis.
4. Satu siswa diminta
untuk berdiri di dekat angka , dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2
demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan lima orang siswa.
5. Siswa diminta
kembali ke tempat semula.
6. Guru menghitung
sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
7. Jumlah siswa di
setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera, misalnya, pada sudut
dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga angka yang lainnya.
8. Guru mengulang
kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5
9. Guru melakukan
refleksi kegiatan dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya.
10. Siswa berlatih
memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan buku siswa.
|
105 Menit
|
Penutup
|
1. Guru dan siswa
membuat kesimpulan
2. Bertanya jawab
tentang materi yang belum dipahami
3. Guru melakukan
evaluasi
4. Guru mengucapkan
salam dan doa penutup.
|
35 Menit
|
I. Penilaian Hasil
Pembelajaran
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat (√)
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi guru
|
.....
|
.......
|
2
|
Siswa
terlibat aktif dalam permainan
|
......
|
.......
|
3
|
Mengikuti
peraturan dalam permainan
|
.......
|
.......
|
4
|
Mengenal
konsep dan lambang bilangan 1-5
|
.......
|
.......
|
Bekasi,
18 Juni 2014
Kelapa Sekolah Guru
Kelas I
………………………. Syamsul
Bahri
NIP.
……………………. NIM. 1210209101
0 Response to "Contoh RPP 2013"
Post a Comment