Contoh RPP 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MIS Al Muslimin
Kelas/Semester            : 1/I
Tema                            :Diriku
Subtema                      : Aku dan Teman Baru
Pertemuan                   : I
Alokasi Waktu                        : 175 Menit
A.    1. KI1
2. KI2
3. KI3  Matematika: Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4. KI4  Melaksanakan tat tertib di rumah dan di sekolah
B.     Kompetensi Dasar
Matematika:
3.1 Menghitung banyak benda 1-5
PPKn:
4.1 Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2.      Dengan mengamati teman, siswa mampu mengetahui aturan yang ada dalam permainan.
D.    Materi Pembelajaran
Mengenal konsep Bilangan
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientific
Metode                 : Demonstrasi, ceramah, tanya jawab
F.      Media
1.      Potongan kertas bertulis angka 1-5 sebanyak 3 set atau lebih

G.    Sumber Belajar
Buku Siswa Kelas I
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
·    Guru memberikan salam kepada siswa.
·    Guru mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama masing-masing.
·    Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
·    Guru mengajak berdinamika dengan tepuk tangan secara kompak.
·    Guru bertanya jawab tentang mengapa harus mengucap salam.
·    Guru meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang dilaksanakan pada hari ini.
·    Guru menginformasikan tentang tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
35 Menit
Inti
1.      Guru menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung 1-5.
2.      Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5
3.      Guru menempelkan kertas bertuliskan  angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya angka 1 di satu sudut kelas, angka 2 ditempel di papan tulis.
4.      Satu siswa diminta untuk berdiri di dekat angka , dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan lima orang siswa.
5.      Siswa diminta kembali ke tempat semula.
6.      Guru menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
7.      Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera, misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga angka yang lainnya.
8.      Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5
9.      Guru melakukan refleksi kegiatan dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
10.  Siswa berlatih memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan buku siswa.

105 Menit
Penutup
1.      Guru dan siswa membuat kesimpulan
2.      Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami
3.      Guru melakukan evaluasi
4.      Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
35 Menit

I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
.....
.......
2
Siswa terlibat aktif dalam permainan
......
.......
3
Mengikuti peraturan dalam permainan
.......
.......
4
Mengenal konsep dan lambang bilangan 1-5
.......
.......




                                                                             Bekasi, 18 Juni 2014
Kelapa Sekolah                                                                Guru Kelas I




……………………….                                        Syamsul Bahri
NIP. …………………….                                   NIM. 1210209101                             








0 Response to "Contoh RPP 2013"