BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang masalah
Pendidikan
merupakan aset penting untuk masa yang akan datang. Dengan adanya pengetahuan
kita jadi serba tahu yang asalnya tidak tahu menjadi tahu. Sebagai calon
pendidik kita harus biasa membimbing, mengarahkan muridnya agar berakhlakul
karimah yang berlandasan ilmu pengetahuan.
Sehubung diadakannya observasi di sekolah-sekolah saya meneliti di salah
satu sekolah yang terletak di Padalarang yaitu “MI Al-Islamiyah”. Disana saya
mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas sekolah
tersebut, dari mulai sarana dan prasarana, tenaga pengajar dan masih banyak
lagi.
Dengan
diadakannya penelitian ini saya sangat bersyukur biasa terjun secara langsung
dengan sekolah tersebut. Dan semua wawancara tersebut saya tuangkan dalam makalah ini.
B.
Rumusan
masalah
1. Apakah
MI Al-Islamiyah memiliki asas visi misi?
2. Bagaimana
cara rekrutmen guru diMI Al-Islamiyah?
3. Profil
seorang pendidik di MI Al-Islamiyah?
4. Berapa
jumlah pesrta didik di MI Al-Islamiyah?
5. Kurikulum
apa yang dipakai di MI Al-Islamiyah?
6. Bagaimana
sarana dan prasarana di MI Al-Islamiyah?
7. Seperti
apakah system evaluasinya di MI Al-Islamiyah?
C.
Tujuan
1. Mengetahui
asas visi misi di MI Al-Islamiyah.
2. Mengetahui
cara merekrut guru di MI Al-Islamiyah.
3. Mengetahui
profil guru yang ada di MI Al-Islamiyah.
4. Mengetahui
jumlah peserta didik yang ada di MI Al-Islamiyah.
5. Mengetahui
kurikulum yang di pakai di MI Al-Islamiyah.
6. Mengetahui
sarana dan prasarana di MI Al-Islamiyah.
7. Mengetahui
system evaluasi di MI Al-Islamiyah.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Asas
Visi dan misi yang ada di MI
Al-Islamiyah
Visi
Unggul dalam
mutu setiap lulusan mempunyai kompetensi dan siap berkompetensi secara sehat .
Misi
Untuk
mencapai visi madrasah tersebut, misi dari penyelenggaraan pendidik di MI
Al-Islamiyah adalah sebagai berikut.
1. Menciptakan
perilaku murid yang islami,
2. Selalu
meningkatkan aktivitas KBM di madrasah, dan
3. Menumbuh
kembangkan partisipasi masyarakat terhadap keberadaan madrasah.
2.
Cara
merekrut guru di MI Al-Islamiyah
MI Al-Islamiyah
adalah lembaga islam dibawah yayasan Al-Musyi sehingga guru yang akan mendaftar
harus ada kesepakatan dari ketua yayasan dan staffnya. Guru yang mendaftar
kesekolah itu diharuskan berdedikasi tinggi, loyalitas terhadap lembaga dan
pekerjaannya serta beragama islam.
3.
Profil
seorang guru atau calon pendidik di MI Al-Islamiyah
Guru-guru
yang mengajar di MI Al-Islamiyah sekarang diharuskan memiliki ijazah akta 4
atau S1.
Biodata pengajar / guru staff
|
|||
No
|
Status
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Guru tetap/PNS
|
4
|
1 orang yang tersertifikasi
|
2
|
Guru Tetap Yayasan (GTY)
|
18
|
1 orang yang tersertifikasi
|
3
|
Tata Usaha (TU)
|
1
|
|
4
|
Pramuka
|
1
|
|
Tenaga pendidik
|
|||
No
|
PNS
|
Non PNS
|
Jumlah
|
1
|
5
|
19
|
24
|
Pendidikan Guru
|
||||||||
No
|
SMA
|
D1
|
D2
|
D3
|
S1
|
S2
|
S3
|
Jumlah
|
1
|
5
|
-
|
9
|
-
|
10
|
-
|
-
|
25
|
4.
Jumlah
peserta didik yang ada di MI Al-Islamiyah
Siswa
menurut tingkat dan jenis kelamin pada tahun 2010/2011 ini adalah :
No
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
Kelas 6
|
||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
|
1
|
51
|
40
|
50
|
42
|
43
|
43
|
29
|
29
|
32
|
29
|
47
|
46
|
2
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
Jumlah
|
||||||
3
|
91
|
92
|
88
|
58
|
64
|
93
|
Jumlah kelas 1 sampai kelas 6
|
JUMLAH
Laki-laki dan Perempuan
|
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
|
255
|
231
|
486
|
5.
Kurikulum
yang dipakai di MI Al-Islamiyah
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.
6.
Sarana
Prasarana di MI Al-Islamiyah
Sarana
dan prasarana di MI Al-Islamiyah ini memiliki 6 ruangan untuk belajar mengajar,
yaitu:
a. Memiliki
1 ruangan kepala sekolah,
b. Memiliki
1 ruangan guru,
c. Memiliki
2 ruangan toilet untuk siswa,
d. Memiliki
1 ruangan toilet untuk guru,
e. Memiliki
1 perpustakaan,
f. Memiliki
1 ruangan kepala sekolah,
g. Memiliki
1 kantin, dan
h. Memiliki
lapangan upacara.
7.
Sistem
Evaluasi di MI AL-Islamiyah
a. Postest
(Ulangan Harian),
b. Mid
Test ( Ujian Tengah Semester),
c. UAS
(Ujian Tengah Semester),
d. UKK
(Ujian Kenaikan Kelas),
e. TO
(Try Out),
f. UM
(Ujian Madrasah),
g. UAMBN
(Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional), dan
h. UN
(Ujian Nasional).
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pendidikan
adalah berbagai usaha yang dilakukan oleh seorang pendidik terhadap anak
didiknya agar tercapai perkembangan maksimal yang positif. Anak usia 7-12 tahun
adalah masa usia anak untuk diarahkan, dibimbing, dibina oleh guru agar budi
pekertinya baik. Dengan diadakannya observasi ini saya menjadi tahu bagaimana
sarana prasarana di MI Al-Islamiyah. Dilihat secara visi misi mampu bersaing
dengan sekolah lain untuk menajdi yang terdepan dan maju diera globalisasi ini.
Sekolah
di MI Al-Islamiyah ini dalam perspektif islam bias membawa kearah yang lebih
baik, tidak hanya ilmu dunianya saja yang diterima melainkan ilmu akhirat pun
didapatkan sejak dini guna membentengi diri untuk masa yang akan datang serta
untuk bekal kelak kalau sesudah dewasa bias membentengi dirinya dengan adanya
aman dan islam yang ia pupuk sejak dini.
0 Response to "Tugas Makalah Ilmu Pendidikan PGMI"
Post a Comment