Tugas Makalah Ilmu Pendidikan PGMI

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah

Pendidikan merupakan aset penting untuk masa yang akan datang. Dengan adanya pengetahuan kita jadi serba tahu yang asalnya tidak tahu menjadi tahu. Sebagai calon pendidik kita harus biasa membimbing, mengarahkan muridnya agar berakhlakul karimah yang berlandasan ilmu pengetahuan.  Sehubung diadakannya observasi di sekolah-sekolah saya meneliti di salah satu sekolah yang terletak di Padalarang yaitu “MI Al-Islamiyah”. Disana saya mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas sekolah tersebut, dari mulai sarana dan prasarana, tenaga pengajar dan masih banyak lagi.
Dengan diadakannya penelitian ini saya sangat bersyukur biasa terjun secara langsung dengan sekolah tersebut. Dan semua wawancara tersebut saya tuangkan  dalam makalah ini.

B.     Rumusan masalah

1.      Apakah MI Al-Islamiyah memiliki asas visi misi?
2.      Bagaimana cara rekrutmen guru diMI Al-Islamiyah?
3.      Profil seorang pendidik di MI Al-Islamiyah?
4.      Berapa jumlah pesrta didik di MI Al-Islamiyah?
5.      Kurikulum apa yang dipakai di MI Al-Islamiyah?
6.      Bagaimana sarana dan prasarana di MI Al-Islamiyah?
7.      Seperti apakah system evaluasinya di MI Al-Islamiyah?



C.    Tujuan

1.      Mengetahui asas visi misi di MI Al-Islamiyah.
2.      Mengetahui cara merekrut guru di MI Al-Islamiyah.
3.      Mengetahui profil guru yang ada di MI Al-Islamiyah.
4.      Mengetahui jumlah peserta didik yang ada di MI Al-Islamiyah.
5.      Mengetahui kurikulum yang di pakai di MI Al-Islamiyah.
6.      Mengetahui sarana dan prasarana di MI Al-Islamiyah.
7.      Mengetahui system evaluasi di MI Al-Islamiyah.













BAB II
PEMBAHASAN
1.    Asas
Visi dan misi yang ada di MI Al-Islamiyah

Visi
Unggul dalam mutu setiap lulusan mempunyai kompetensi dan siap berkompetensi secara sehat .
Misi
            Untuk mencapai visi madrasah tersebut, misi dari penyelenggaraan pendidik di MI Al-Islamiyah adalah sebagai berikut.
1.      Menciptakan perilaku murid yang islami,
2.      Selalu meningkatkan aktivitas KBM di madrasah, dan
3.      Menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat terhadap keberadaan madrasah.

2.      Cara merekrut guru di MI Al-Islamiyah
MI Al-Islamiyah adalah lembaga islam dibawah yayasan Al-Musyi sehingga guru yang akan mendaftar harus ada kesepakatan dari ketua yayasan dan staffnya. Guru yang mendaftar kesekolah itu diharuskan berdedikasi tinggi, loyalitas terhadap lembaga dan pekerjaannya serta beragama islam.

3.      Profil seorang guru atau calon pendidik di MI Al-Islamiyah
Guru-guru yang mengajar di MI Al-Islamiyah sekarang diharuskan memiliki ijazah akta 4 atau S1.
Biodata pengajar / guru staff
No
Status
Jumlah
Keterangan
1
Guru tetap/PNS
4
1 orang yang tersertifikasi
2
Guru Tetap Yayasan (GTY)
18
1 orang yang tersertifikasi
3
Tata Usaha (TU)
1

4
Pramuka
1


Tenaga pendidik
No
PNS
Non PNS
Jumlah
1
5
19
24

Pendidikan Guru
No
SMA
D1
D2
D3
S1
S2
S3
Jumlah
1
5
-
9
-
10
-
-
25

4.      Jumlah peserta didik yang ada di MI Al-Islamiyah
Siswa menurut tingkat dan jenis kelamin pada tahun 2010/2011 ini adalah :

No
Kelas 1
Kelas 2
Kelas 3
Kelas 4
Kelas 5
Kelas 6
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
1
51
40
50
42
43
43
29
29
32
29
47
46
2
Jumlah
Jumlah
Jumlah
Jumlah
Jumlah
Jumlah
3
91
92
88
58
64
93

Jumlah kelas 1 sampai kelas 6
JUMLAH
Laki-laki dan Perempuan
Laki-laki
Perempuan
255
231
486

5.      Kurikulum yang dipakai di MI Al-Islamiyah
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.

6.      Sarana Prasarana di MI Al-Islamiyah
Sarana dan prasarana di MI Al-Islamiyah ini memiliki 6 ruangan untuk belajar mengajar, yaitu:
a.       Memiliki 1 ruangan kepala sekolah,
b.      Memiliki 1 ruangan guru,
c.       Memiliki 2 ruangan toilet untuk siswa,
d.      Memiliki 1 ruangan toilet untuk guru,
e.       Memiliki 1 perpustakaan,
f.       Memiliki 1 ruangan kepala sekolah,
g.      Memiliki 1 kantin, dan
h.      Memiliki lapangan upacara.

7.      Sistem Evaluasi di MI AL-Islamiyah
a.       Postest (Ulangan Harian),
b.      Mid Test ( Ujian Tengah Semester),
c.       UAS (Ujian Tengah Semester),
d.      UKK (Ujian Kenaikan Kelas),
e.       TO (Try Out),
f.       UM (Ujian Madrasah),
g.      UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional), dan
h.      UN (Ujian Nasional).
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pendidikan adalah berbagai usaha yang dilakukan oleh seorang pendidik terhadap anak didiknya agar tercapai perkembangan maksimal yang positif. Anak usia 7-12 tahun adalah masa usia anak untuk diarahkan, dibimbing, dibina oleh guru agar budi pekertinya baik. Dengan diadakannya observasi ini saya menjadi tahu bagaimana sarana prasarana di MI Al-Islamiyah. Dilihat secara visi misi mampu bersaing dengan sekolah lain untuk menajdi yang terdepan dan maju diera globalisasi ini.
Sekolah di MI Al-Islamiyah ini dalam perspektif islam bias membawa kearah yang lebih baik, tidak hanya ilmu dunianya saja yang diterima melainkan ilmu akhirat pun didapatkan sejak dini guna membentengi diri untuk masa yang akan datang serta untuk bekal kelak kalau sesudah dewasa bias membentengi dirinya dengan adanya aman dan islam yang ia pupuk sejak dini.










0 Response to "Tugas Makalah Ilmu Pendidikan PGMI"