BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Praktik Pengalaman Lapangan adalah kegiatan
yang sangatpenting bagi setiap calon
pendidik. Praktik ini berguna dalam mematangkan dan memproses calon pendidik
dalam tugas yang akan disandangnya kelak
sebagai tenaga pendidik dan pengelola lembaga pendidikan.
Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan PPL
dilatih untuk melakukan kegiatan sebagai guru yang dibimbing, diarahkan, dan
dituntun oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Para mahasiswa dituntut untuk
berperan aktif dalam pelaksanaan PPL sehingga sukses menjadi pendidik baik
sebagai guru maupun sebagai peran lainnya.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
yang kami laksanakan di MI Negeri 1 Kota Bandung yang beralamat di Jl.Sindangsari
No.12–Cipadung Kulon- Cibiru Kota Bandung. Sebelum melaksanakan PPL, terlebih
dahulu melakukan Pembukaan PPL pada tanggal 18 Juli 2013, yang dihadiri oleh
para praktikan, Dosen Pembimbing, Kepala Sekolah, guru-guru dan staf Tata
Usaha.
Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Cicendo yang lahir cukup
panjang berawal dari perjalananan
Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta yang sudah mendapat kepercayaan masyarakat
dengan baik, Nama MIS saat itu adalah MIS
“Al-Fitroh” namun selang beberapa tahun kurang lebih 9 (sembilan) tahun
dari tahun 1975 sampai dengan tahun 1984 sudah mengeluarkan alumnus berprestasi dan banyak diterima di Sekolah
SMP Negeri, dalam perjalanannya
mendapat hambatan yang cukup
berat dengan lahirnya kelompok yang ingin menghancurkan dan tidak senang dengan
berdirinya Madrasah sehingga harus berhadapan dengan Pemerintah Daerah untuk di
pending keberadaannya, karena status kepemilikan tanah Milik PEMDA (sewa), bersamaan dengan itu Dinas terkait MI adalah DEPAG membidik MIS
Al-Fitroh dinominasikan untuk menjadi MIN sehubungan dengan prestasi dan animo
masyarakat yang cukup baik, dimana saat itu jarang Madrasah yang jumlah
siswanya banyak, selain itu belum ada MIN di Kotamadya Bandung, karenanya DEPAG
menetapkan MIS Al-Fitroh menjadi MIN satu-satunya di Kotamadya Bandung, maka
pada tahun 1993 terbit Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 137 tanggal 13 Juli
1993 tentang perubahan status MIS Al-Fitroh menjadi MIN Cicendo.
Setelah lahir SK Menteri Agama tersebut perjalanannya tidak Mulus,
karena lakosi Madrasah Al-Fitroh tersebut digantungkan oleh oknum pengurus masyarakat setempat yang
tidak bertanggungjawab sehingga harus berpindah tempat, maka terjadilah pindah tempat,
tepatnya di MIS Nurul Huda Jl.Supadio Jatayu masih dalam areal satu kecamatan
Cicendo, setelah kurang lebih 3 (tiga) tahun berjalan di MIS Nurul Huda
dengan sarana prasarana yang serba
kurang memungkinkan, maka perjalanan MIN Cicendo harus mengalami pasang surut, namun dengan
upaya Kandepag yang maksimal maka pada tahun 1996 dibangun gedung baru 3 (tiga)
RKB dan 1 (satu) ruang kantor, dengan
lokasi yang berbeda tepatnya di Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Cibiru
Kotamadya Bandung kawasan Bandung Timur.
Sejak tahun itulah perjalanan MIN Cicendo mengalami keajegan dalam lokasi
pendiriannya sekalipun tempatnya tidak sesuai dengan nama aslinya. Cicendo berada di Cibiru sampai sekarang. Perkembangan dan prestasi setiap tahun
mengalami perkembangan yang cukup signifikan bermula dari jumlah siswa 27 siswa
sekarang sudah berjumlah 435 siswa (12 Juli 2010) dengan gedung madrasah yang
baik dan permanen.
BAB II
KONDISI OBJEKTIF SEKOLAH/MADRASAH
A.
Kondisi Umum
1.
Gedung sekolah
dan fasillitasnya
Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Cicendo yang lahir cukup
panjang berawal dari perjalananan
Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta yang sudah mendapat kepercayaan masyarakat
dengan baik, Nama MIS saat itu adalah MIS
“Al-Fitroh” namun selang beberapa tahun kurang lebih 9 (sembilan) tahun
dari tahun 1975 sampai dengan tahun 1984 sudah mengeluarkan alumnus berprestasi dan banyak diterima di Sekolah
SMP Negeri, dalam perjalanannya
mendapat hambatan yang cukup
berat dengan lahirnya kelompok yang ingin menghancurkan dan tidak senang dengan
berdirinya Madrasah sehingga harus berhadapan dengan Pemerintah Daerah untuk di
pending keberadaannya, karena status kepemilikan tanah Milik PEMDA (sewa), bersamaan dengan itu Dinas terkait MI adalah DEPAG membidik MIS
Al-Fitroh dinominasikan untuk menjadi MIN sehubungan dengan prestasi dan animo
masyarakat yang cukup baik, dimana saat itu jarang Madrasah yang jumlah siswanya
banyak, selain itu belum ada MIN di Kotamadya Bandung, karenanya DEPAG
menetapkan MIS Al-Fitroh menjadi MIN satu-satunya di Kotamadya Bandung, maka
pada tahun 1993 terbit Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 137 tanggal 13 Juli
1993 tentang perubahan status MIS Al-Fitroh menjadi MIN Cicendo.
Setelah lahir SK Menteri Agama tersebut perjalanannya tidak Mulus,
karena lakosi Madrasah Al-Fitroh tersebut digantungkan oleh oknum pengurus masyarakat setempat yang
tidak bertanggungjawab sehingga harus berpindah tempat, maka terjadilah pindah
tempat, tepatnya di MIS Nurul Huda Jl.Supadio Jatayu masih dalam areal satu
kecamatan Cicendo, setelah kurang lebih 3 (tiga) tahun berjalan di MIS Nurul
Huda dengan sarana prasarana yang serba
kurang memungkinkan, maka perjalanan MIN Cicendo harus mengalami pasang surut, namun dengan
upaya Kandepag yang maksimal maka pada tahun 1996 dibangun gedung baru 3 (tiga)
RKB dan 1 (satu) ruang kantor, dengan
lokasi yang berbeda tepatnya di Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Cibiru
Kotamadya Bandung kawasan Bandung Timur.
Sejak tahun itulah perjalanan MIN Cicendo mengalami keajegan dalam lokasi
pendiriannya sekalipun tempatnya tidak sesuai dengan nama aslinya. Cicendo berada di Cibiru sampai sekarang. Perkembangan dan prestasi setiap tahun
mengalami perkembangan yang cukup signifikan bermula dari jumlah siswa 27 siswa
sekarang sudah berjumlah 435 siswa (12 Juli 2010) dengan gedung madrasah yang
baik dan permanen.
1. Nama Madrasah : MI Negeri
Cicendo
2. Alamat Madrasah
a.
Jalan :
Sindang Sari No.12
b.
Kelurahan :
Cipadung Kulon
c.
Kecamatan :
Panyileukan
d.
Kota :
Bandung
e.
Propinsi :
Jawa Barat
f.
Nomor Telpon :
(022) 7080 8440
3.
Nama Yayasan :
---
4.
Status Sekolah :
Negeri
5.
Tahun Akreditasi :
2010 Terakreditasi “A”
6.
NSM :
111.1.32.73.001
7.
Tahun Berdiri : 1995
8.
Nama Kepala Sekolah :
Drs. H Ade Sukmana M.M.Pd
Fasilitas Sekolah
NO
|
JENIS RUANGAN
|
JUMLAH RUANG
|
KONDISI
|
1.
|
Ruang Kelas
|
9
|
Baik
|
2.
|
Ruang Kepala Madrasah
|
1
|
Baik
|
3.
|
Ruang Guru
|
1
|
Baik
|
4.
|
Ruang Tata Usaha
|
1
|
Baik
|
5.
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
Kurang Memadai
|
6.
|
Ruang Lab Komputer
|
1
|
Kurang Memadai
|
7.
|
Ruang UKS
|
1
|
Kurang Memadai
|
8
|
Ruang Kesenian
|
1
|
Kurang Memadai
|
9
|
Ruang Laboratorium
|
0
|
Kurang Memadai
|
10
|
Mushola
|
1
|
Baik
|
11
|
Ruang Lain-lain
|
1
|
Kurang Memadai
|
2.
Struktur Guru
dan Pegawai Sekolah
KEPALA MIN I
|
|||||||||||||||||||||
Drs H.ADE SUKMANA
|
|||||||||||||||||||||
M.MPd
|
|||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||
MAJLIS MADRASAH
|
|||||||||||||||||||||
NANDANG HIDAYAT
|
|||||||||||||||||||||
WAKAMAD
|
|
WAKAMAD
|
|||||||||||||||||||
Hj NANI R, M.Ag
|
|
SOLEHUDIN M.Ag
|
|||||||||||||||||||
T U
|
BENDAHARA
|
||||||||||||||||||||
ULE JULAEHA, S.Pd.I
|
Dra.IKA HELAWATI
|
||||||||||||||||||||
EVI PRIMAWATI
|
|
||||||||||||||||||||
GHARIZA SWASTI R
|
|||||||||||||||||||||
GR KLS I A
|
GR KLS I B
|
GR KLS I C
|
GR KLS II A
|
GR KLS II B
|
|||||||||||||||||
IMAS H
|
RIMA K F
|
MASTUROH
|
Hj.NANI R
|
SITI SOLIHAH
|
|||||||||||||||||
S.Pd.I
|
S.Si
|
S.Pd.I
|
M.Ag
|
S.Pd.I
|
|||||||||||||||||
GR KLS II C
|
GR KLS III A
|
GR KLS III B
|
GR KLS IV A
|
GR KLS IV B
|
|||||||||||||||||
SITI N
|
|
ANDI ELLY H
|
PATONAH
|
ONIS AISYAH
|
SITI HANIAH
|
||||||||||||||||
S.Pd.I
|
|
S.Pd.I
|
S.Pd.I
|
S.Pd.I
|
A.Ma
|
||||||||||||||||
GR KLS V A
|
|
GR KLS V B
|
|
GR KLS VI A
|
GR KLS VI B
|
GR PJOK
|
|||||||||||||||
EUIS N
|
IIS SITI N
|
NANANG AA
|
SOLEHUDIN
|
Drs.SUTONO
|
|||||||||||||||||
S.Pd.I
|
S.Ag
|
S.Pd.I
|
M.Ag
|
M.Pd
|
|||||||||||||||||
GURU B STUDI
|
GURU B.STUDI
|
GR B.Inggris
|
GR B.STUDI
|
GR PJOK
|
|||||||||||||||||
Dra.IKA HELAWATI
|
SUSTIRAHAYU
|
ISNAINI
|
AAN NURLINA
|
YANYAN
|
|||||||||||||||||
S.Ag
|
S.Pd
|
A.Md
|
S.Pd
|
||||||||||||||||||
GURU B.STUDI
|
GR B.STUDI
|
GR B.STUDI
|
|||||||||||||||||||
RIZA S
|
ONENG
|
RIRI RM
|
|||||||||||||||||||
S.Psi
|
S.Pd.I
|
A.Ma
|
|||||||||||||||||||
S I S W A
|
|||||||||||||||||||||
|
|
Garis Koordinasi
|
|||||||||||||||||||
|
Garis Perintah
|
||||||||||||||||||||
Pegawai Sekolah
NO
|
NAMA
|
AGAMA
|
PANGKAT
|
NAMA JABATAN
|
|||
NIP LAMA
|
NIP BARU
|
GOL.
|
TMT
|
||||
RUANG
|
|||||||
1
|
2
|
2
|
3
|
|
3
|
4
|
4
|
1
|
Drs.H. Ade Sukmana, M.MPd
|
Islam
|
150250618
|
19650619 199203 1 001
|
(IV/a)
|
Oct-02
|
Kepala MIN Cicendo
|
2
|
Hj. Nani Rohaeni, M.Ag
|
Islam
|
150274803
|
19690111 199503 2 002
|
(IV/a)
|
Apr-11
|
Guru MIN Cicendo
|
3
|
Euis Nurhayati, S.Pd.I
|
Islam
|
150272968
|
19681011 199403 2 001
|
(IV/a)
|
Apr-11
|
Guru MIN Cicendo
|
4
|
Solehudin, M.Ag
|
Islam
|
150269907
|
19700227 199403 1 003
|
(IV/a)
|
Apr-11
|
Guru MIN Cicendo
|
5
|
A. Maryatin, S.Ag
|
Islam
|
150181071
|
19520508 197711 2 001
|
(IV/a)
|
Oct-11
|
Guru MIN Cicendo
|
6
|
Dra. Ika Helawati
|
Islam
|
150262813
|
19690219 199303 2 002
|
(III/d)
|
Apr-07
|
Guru MIN Cicendo
|
7
|
Onis Aisyah, S.Pd.I
|
Islam
|
150274722
|
19710911 199503 2 001
|
(III/d)
|
Apr-09
|
Guru MIN Cicendo
|
8
|
Andi Elly Holifah, S.Pd.I
|
Islam
|
150296013
|
19730315 199903 2 002
|
(III/d)
|
Oct-11
|
Guru pd MIN Cicendo
|
9
|
Ule Julaeha
|
Islam
|
150222420
|
19630705 198503 2 001
|
(III/c)
|
Apr-07
|
Pengadm. Kesiswaan MIN Cicendo
|
10
|
Iis Siti Nurhasanah, S.Ag
|
Islam
|
150288462
|
19760628 199803 2 002
|
(III/c)
|
Apr-09
|
Guru MIN Cicendo
|
11
|
Drs. Sutono, M.M.Pd
|
Islam
|
150345660
|
196605152005011005
|
(III/c)
|
Apr-11
|
Guru MIN Cicendo
|
12
|
Hj. Kartini
|
Islam
|
150197002
|
19560701 198003 2 001
|
(III/b)
|
Apr-01
|
Pengadm. TU pada MIN Cicendo
|
13
|
Siti Haniah, A.Ma
|
Islam
|
150290464
|
19751225 199903 2 003
|
(III/b)
|
Apr-10
|
Guru MIN Cicendo
|
14
|
Evi Primawati
|
Islam
|
150235264
|
196408191988032001
|
(III/b)
|
Apr-07
|
Pengadm. TU pada MIN
Cicendo
|
15
|
Patonah
|
Islam
|
150347168
|
19700111 200501 2 003
|
(III/a)
|
Oct-09
|
Guru MIN Cicendo
|
16
|
Nanang Ahmad A,S.Pd.I
|
Islam
|
150374630
|
198006292005011003
|
(III/a)
|
Oct-09
|
Guru MIN Cicendo
|
17
|
Masturoh, S.Pd.I
|
Islam
|
150344907
|
19840307 200501 2 00 1
|
(III/a)
|
Apr-10
|
Guru MIN Cicendo
|
18
|
Siti Solihah, S.Pd.I
|
Islam
|
150344910
|
19830104 200501 2 007
|
(III/a)
|
Apr-10
|
Guru Kelas pada MIN Cicendo
|
19
|
Ani Fatimah Zahra Saifi
|
Islam
|
150345397
|
19840810 200501 2 002
|
(III/a)
|
Apr-09
|
Pengadm. Pd. MIN Cicendo
|
20
|
Rima Karimatul Fuadah, A.Ma
|
Islam
|
150345385
|
19791216 200501 2 007
|
(II/d)
|
Oct-11
|
Guru pada MIN Cicendo
|
21
|
Imas Hasanah, S.Pd.I
|
Islam
|
-
|
197205122009012004
|
(II/b)
|
Jan-09
|
Guru MIN Cicendo
|
22
|
Siti Nursaidah, S.Pd.I
|
Islam
|
150401286
|
197109102007012030
|
(II/b)
|
|
|
23
|
Ghariza Swasti Rahadian
|
Islam
|
-
|
198502232009102001
|
(II/a)
|
|
Pengadm. TU pada MIN
Cicendo
|
24
|
Riri Rahmania M
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2005
|
GTT MIN Cicendo
|
25
|
Oneng S.Pd.I
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2007
|
GTT MIN Cicendo
|
26
|
Isnaini S.Pd
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2007
|
GTT MIN Cicendo
|
27
|
Riza Hastisusanti S.Psi
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2007
|
GTT MIN Cicendo
|
28
|
Yanyan Sofyan
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2007
|
GTT MIN Cicendo
|
29
|
Sustirahayu S.Pd.I
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2008
|
GTT MIN Cicendo
|
30
|
Aan Nurlina S.Pd.
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2008
|
GTT MIN Cicendo
|
31
|
Neni Nadiroti Muslihah
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2009
|
GTT MIN Cicendo
|
32
|
Abdul Somad S.Pdi
|
Islam
|
|
GT Honorer
|
|
2009
|
GTT MIN Cicendo
|
33
|
Endang Solihin
|
Islam
|
|
Penjaga Madrasah
|
|
1995
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Organisasi
sekolah
3.1
OSIS
Organisasisiswa intra sekolah (OSIS)
belumditerapkandalamsekolah MI/SD
3.2
Dewan/komite
sekolah
Ada berbagaidefinisiataubatasanorganisasi.Salah
satudefinisitersebutadalahsebagaiberikut.Organisasiadalahkesatuan (entity)
social yang dikoordinasikansecarasadar, dengansebuahbatasan yang relative
dapatdiidentifikasi, yang bekerjaatasdasarketerkaitan yang relative
terusmenerusuntukmencapaitujuanatausekelompoktujuan.Definisiinisangatcocokjikaditerapkanpadaorganisasikomitesekolah.
DAFTAR KOMITE SEKOLAH SETIAP KOMPLEK
KECAMATAN CIBIRU
NO
|
NAMA KOMPLEK
|
NAMA KOMITE
|
1
|
Komplek SDN Hanura I
|
Beni Sudiarto
|
2
|
Komplek SDN Cilengkrang I, II, III
|
H. Sutisna Miharja
|
3
|
Komplek SDN Sukapura I, II
|
Ir. Rachmat, M.Sc
|
4
|
Komplek SDN Tarka I, IV
|
Dedi Adjid
|
5
|
Komplek SDN Tarka II, III, V
|
Asep M.S
|
6
|
Komplek SDN Cipadung I, II
|
U. Suryana
|
7
|
Komplek SDN Cipadung III, IV
|
Husen Bisri
|
8
|
Komplek SDN Pelita I, II
|
Dr. H. Dadang Supardan
|
9
|
Komplek SDN Sukarela I, II
|
H. Sulaeman
|
10
|
Komplek SDN Sukarela III, IV
|
Drs. A. Syarifudin
|
11
|
SD Muhammadiyah
|
|
12
|
MIN Cicendo
|
Nandang Hidayat
|
13
|
MI Nurul Huda
|
|
14
|
MI Al-Misbah
|
|
15
|
Komplek SDN Cibiru III, IV
|
Drs. Sururi, SH
|
16
|
Komplek SDN Cibiru I, V, VII
|
E. Rohaedi. S
|
17
|
Komplek SDN Cikudayasa
|
Eman Sulaeman
|
18
|
Komplek SDN Panyileukan I, II
|
Drs. Wita Sutrisna, M.Pd
|
19
|
Komplek SDN Panyileukan III
|
Dodo. D. Domik
|
20
|
Komplek SDN Cigagak I, II
|
Edi Djunaedi
|
Komite
Sekolah Se-Kecamatan CibiruTahun 2005-2006
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
SEKOLAH
|
ALAMAT RUMAH
|
1
|
Nandang Hidayat
|
MIN Cicendo
|
Ujung Berung
Tlp. 7806105
|
2
|
Beni Sudiarto
|
SD Hanura (Jl. Cilengkrang I Gigupakan 0 /09 Cisurupan
|
Idem
|
3
|
U. Suryana
|
Cipadung I/II Cipadung
|
Cipadung RT 01/06
|
4
|
Asep M.S
|
SDN Tarka II, III, V
|
Vijaya Kusumah
Hp. 0852 206 68091
|
5
|
Husen Bisri
|
SDN Cipadung III/IV
|
Cipadung RT 05/12 SDN Cipadung III/IV
|
6
|
Dedi Adjid
|
Jl. SDN Tarka I/IV
|
Jl. Cilengkrang II
|
7
|
Dr. H. Dadang Supardan
|
Jl. Desa Cipadung SD Pelita I/II
|
Jl. Manisi Cibiru
|
8
|
E. Rohaedi. S
|
SD Cibiru I, V, VII
|
Permata Biru Blok X No.20 RT 02/23
Tlp. 70783337
|
9
|
Ir. Rachmat, M.Sc
|
SD Sukapura I, II
|
Jl. Manglayang I
|
10
|
Drs. Sururi, SH
|
Cibiru III, IV
|
Jl. Gudang Sikat
|
11
|
Eman Sulaeman
|
SD Cikudayasa I, III
|
Kp. Cikuda
|
12
|
Drs. A. Syarifudin
|
SD Sukarela III, IV
|
Jl. Panyawangan No.7
|
13
|
H. Sulaeman
|
SD Sukarela I, II
|
Jl. Mekarmulya No.40
|
14
|
H. Sutisna Miharja
|
SDN Cilengkrang I, II, III
|
Jl. Cilengkrang I
No. 134
|
15
|
Nano Daryono, S.Ag
|
SDT Krida Nusantara
|
Jl. Cipadung
|
16
|
Didi Supriadi
|
Cikudayasa I
|
Jl. Cipadung
|
17
|
Dr. Dadang Supardan, M.Pd
|
SDN Pelita I, II
|
Jati
|
18
|
Drs. Husen. B
|
SDN cipadung 04/03
|
|
19
|
Dodo D. Domik
|
SDN Panyileukan III
|
|
20
|
Drs. Wita Sutrisno, M.Pd
|
SDN Panyileukan I, II
|
|
21
|
Edi Djuardi
|
SDN Cigagak I, II
|
|
4.
Kegiatan ekstra
kurikuler sekolah
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh
guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri
dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan
kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing
oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan
pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan
sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik. Pengembangan diri untuk
satuan pendidikan khusus menekankan pada peningkatan kecakapan hidup dan
kemandirian sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik.
Meliputi Kegiatan :
1. Pramuka
2. Kesenian Derah Seni
Gamelan
3. Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah
4. Pidato Keagamaan (Da’i Cilik)
5. Putsal
6. Karate
7. Marching Band
8. Komputer
5.
Rapat sekolah
Macam-macamrapat yang ada di MIN Cicendomeliputi:
a)
RapatGabunganPenyusunan Program
b)
RapatPembagianTugas
c)
RapatDewan Guru
d)
Sosialisasi
dengan orang tua
Rapat sosialisasi dengan orang tua
adalah rapat yang biasanya dilaksanakan setahun sekali pada awal tahun ajaran
baru dimana sekolah mengundang pihak orang tua siswa untuk bersilaturrahmi dan
membahas atau mensosialisaiskan beberapa hal :
a.
Program pembelajaransatutahun
b.
Pembiayaanpendidikan
c.
Hal-halmengenaiperaturan
d.
Hal-halmengenaidukunga orang tuapadasekolah.
1) Rapat akhir tahun / kenaikan kelas
a). RapatAkhirTahun
Rapatakhirtahunadalahrapat yang
dilaksanakanpadasetiapakhirtahunajaran.Adapunmateri yang
dibahaspadarapatiniadalah :
a. Evaluasikegiatanbelajarmengajar yang
telahberlangsungselamasatutahun.
b. Hal-hal yang
berkaitandenganadministrasisekolah, misalnyasumbanganPembangunan Pendidikan
(SPP).
c. Kelulusansiswa
b). RapatKenaikanKelas
Rapatkenaikankelasadalahrapat yang dilakukanpadaakhir
semester genap yang dilakukanolehkepalasekolahdenganwalikelas.Adapunmateri yang
di bahaspadamateriiniadalah:
a. Kenaikankelas
b. Hal-hal yang berkaitandengansiswa
2) Ulangan umum dan ujian tengah semester
Rapatmenjelangulanganumumdanujiantengah semester
adalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapmenjelangulanganumumdanujiantengah
semester.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah :
a.
Penentuanwaktupelaksanaanulanganumumdanujiantengah
semester
b.
Hal-hal yang berkaitandengansiswa
3) Ujian akhir nasional
Rapatmenjelangujianakhirnasionaladalahrapat yang
dilaksanakanpadasetiapmenjelangujianakhirnasional.Adapunmateri yang
dibahaspadarapatiniadalah:
a.
Persiapanpelaksanaan UAN
b.
Hal-hal yang berkaitandengansiswa
4) Pembiayaan ujian
Rapatpembiayaanujianadalahrapat yang
dilaksanakanpadasetiapmenjelangujianbaikituujiantengah semester, ujian
semester, sampaidenganujianakhirnasional.Adapunmateri yang
dibahaspadarapatiniadalah persiapanpelaksanaanujiankhususnyadarisegipembiayaankegiatanujian.
5) Sosialisasi dengan orang tua
Rapatsosialisasidengan orang tuaadalahrapat yang
biasanyadilaksanakansetahunsekalipadaawaltahunajaranbarudimanasekolahmengundangpihak
orang tuasiswauntukbersilaturrahmidanmembahasataumensosialisaiskanbeberapahal :
a.
Program
pembelajaransatutahun
b. Pembiayaanpendidikan
c. Hal-halmengenaiperaturan
d. Hal-halmengenaidukungan orang tuapadasekolah.
b. Pembiayaanpendidikan
c. Hal-halmengenaiperaturan
d. Hal-halmengenaidukungan orang tuapadasekolah.
6) Kelulusan
Rapat kelulusan adalah rapat yang diadakan setahun sekali untuk
mempersiapkan standar kelulusan anak-anak pada ujian akhir sekolah.
7) RapatAwalTahun
Rapatakhirtahunadalahrapat yang
dilaksanakanpadasetiaptahunajaranbaru.Adapunmateripadapembahasanrapatiniadalah:
a.
Hal-hal yang berkaitandenganpenerimaansiswabaru
b.
Hal-hal yang berkaitandenganadministrasisiswabaru
c.
Hal-hal yang mengenaiwalikelas
Pimpinanrapatinibiasanyaolehkepalasekolah.Rapatinidihadiriolehseluruhanggotayaitu
guru-guru, bagiankurikulumtermasukbagiantatausaha, dan orang tuasiswa.
8) Evaluasi guru
Rapat ini adalah rapat yang
diselenggarakan untuk mengevaluasi proses belajar mengajar baik itu dari segi guru atau siswa. biasanya
membahas :
a. Perkembangan pembelajaran
b. Kesulitan-kesulitan
c. Solusi-solusi permasalahan.
6.
Sistem
kesejahteraan sekolah
a) Pengelolaan Keuangan (Kesejahteraan
Madrasah)
Untuk pengelolaan sendiri di MI Negeri Kota Bandung hamper semua
keuagan itu berasal dari dana bantuan pemerintah (baik pemerintahan Pusat
ataupun Daerah). Diantaranya:
Ø Gaji Guru honorer bergantung ke dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
Ø Sekolah tidak menyediakan beasiswa tetapi ada bantuan dari sekolah
untuk siswa yang kurang mampu
Ø Sekolah tidak memungut biaya administrasi pendaftaran siswa baru
Ø Untuk bangunan merupakan milik pemerintah.
b) Pengelolaan Ketatausahaan
Pengelolaan ketatausahaan berkaitan dengan pencatatan, pengumpulan,
dan penyimpanan data atau dokumen-dokumen penting yang ada di sekolah/madrasah.
Dalam bidang ketatausahaan di Madrasah Ibtidaiyah ini menyangkut
Ø Kesiswaan dan buku induk yang menyimpan data dan dokumen untuk
membantu laporan mengenai masuk dan keluarnya siswa.
Ø Surat menyurat
c) Pengelolaan hubungan sekolah dan
masyarakat
Hubungan Madrasah dengan warga masyarakat sangat terjalin dengan baik.
Karena madarasah ini berada di lingkungan masyarakat, sehingga madrasah ini
mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.
Dengan terjadinya hubungan yang baik, maka para orang tua/wali
siswa dari kelas I-VI pun membentuk sebuah ikatan atau kelompok yang selalu
berkomunikasi (merundingkan) dengan staff pengelola madrasah jika akan
mengadakan suatu kegiatan demi berlangsungnya kelancaran suatu kegiatan.
Sehingga ketika ada kegiatan di madrasah selalu mendapatkan
dukungan penuh dari masyarakat, baik mulai ada bakti social ataupun bazar yang
berkaitan dengan kesosialan.
7.
Lain-lain
Perpustakaan
Perpustakaan yang ada di MI Negeri 1 Kota Bandung dibuka tahun
pelajaran 2006/2007 dengan pengelolaan adalah ibu Riri Rahmania, M.a.Ma. di
bawah pengawasan kepala madrasah yaitu Drs. H. Ade Sukmana, M.M.Pd
Jumlah buku yang ada di perpustakaan MI Negeri 1 Kota Bandung ini
adalah sebanyak 2000 item yang terdiri dari buku fiksi dan buku non fiksi. Buku
perpustakaan MI Negeri 1 Kot Bandung memiliki 2 ruangan, yaitu ruangan ke-1
yang berdampingan dengan Lab. Komputer dan ruangan Guru, kemudian ruangan ke-2
berada di lantai 2 tepatnya berada di ruang kelas yang disimpan di rak buku.
Dengan status kepemilikan adalah milik sekolah sendiri.
Sumber buku yang ada di perpustakaan MIN 1 berasal dari BOS
(Bantuan Operasional Sekolah) dan dari Depag. Terakhir menerima bantuan buku
pada tahun 2004. Mengenai administrasi manajemen perpustakaan belum berjalan
maksimal karena keterbatasan personil dan keterbatasan dana dalam pengefektifan
perpustakaan. Hal tersebut terlihat dari belum adanya kartu perpustakaan jka
siswa ingin meminjam buku maka siswa harus mengisi buku peminjaman terlebih
dahulu sebagai data administrasi.
Dalam peminjaman buku Paket mata pelajaran hanya dipinjamkan ketika
pembelajaran berlangsung dan tidak boleh dibawa pulang ke rumah. Kecuali ada
izin wali kelas dan koordinasi pengelola perpustakaan. Keefektifan penggunaan
perpustakaan masi krang hal tersebut terlihat dari frekuensi data kunjungan
siswa yang masi kurang / jarang.
Laboratorium
Laboraturium yang tersedia di MI Negeri 1 Kota Bandung ini hanya
lab. Komputer saja. Dimana lab tersebut hanya aktif dalam beberapa tahun
terakhir saja, yakni sampai tahun 2009 dengan di bawah binaan Bapak Soleh. Pada
tahun 2010 lab.komputer ini mulai tidak aktif lagi, dikarenakan tidak adanya
staff pengajar yang ahli.
Pembelajaran komputer ini termasuk dalam mata pelajaran ekstra
kulikuler, dengan waktu pelaksanaannya di luar jam pelajaran biasa.
UKS
UKS yang ada di MI Negeri 1 Kota Bandung tidak dikelola oleh orang
khusus, karena tidak adanya staff ahli. Sehingga pengelolaan diserahkan pada
guru piket saja, ruang UKS berdampingan dengan ruang guru.
B.
Kondisi Khusus
Pembelajaran
PadasaatkegiatanPraktikPengalamanLapangan
(PPL) di MIN Cicendo Kota Bandung berlangsung, penyusunpernahmengajar di:
Ø
Kelas 1 Mata pelajaranMatematika.
Ø
Kelas 3 Mata PelajaranBahasa Indonesia
Ø
Kelas 5 Mata Pelajaran IPS
Ø
Kelas 6 Mata PelajaranFiqih
Ø
Kelas 4 Mata PelajaranBahasa Indonesia
Ø
Kelas 4 Mata Pelajaran Quran Hadis
Metode yang
digunakanolehpenyusundiantaranya: MetodeDemonstrasi, Metode Tanya jawab,
MetodePenugasan, MetodeCeramah.
BAB III
TEMUAN DAN PEMBAHASAN
A.
Temuan
Berdasarkan hasil observasi
yang telah penyusun lakukan sebelum dan saat kegiatan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) berlangsung penyusun memperhatikan beberapa hal yang menjadi perhatian penyusun dalam
melakukan penelitian. Adapaun hal-hal yang
menjadi perhatian penyusun dalam menyusun laporan ini adalah:
1.
Kondisi Sekolah.
2.
Pengelolaan
fasilitas.
3.
Kegiatan Ekstra kurikuler.
B.
Pembahasan
Kondisi sekolah MIN Cicendo ini cukup baik, sekolah ini memiliki
lantai dua, memiliki ruangan 10 ruangan kelas, Memiliki mushalla, sekolah belum
memiliki fasilitas yang cukup dikarenakan tempatnya terlalu sempit. Akan tetapi
pihak sekolah tidak pernah mempermaslahkan hal itu dan tidak membuat sekolah
menjadi patah semangat untuk menjadikan sekolah ini menjadi sekolah favorit,
dan pihak sekolah memang membuktikan bahwa sekolah ini patut untuk
diperhitungkan oleh pemerintah. Buktidarisekolahiniadalah,
sekolahinimendapatakreditasi A.
Kegiatanekstrakurikuler yang ada di MIN
Cicendodilaksanakanpadaharijumatdansabtu,.Kegiatanekstrakurikulermeliputi:
1. Pramuka
2. Kesenian Derah Seni
Gamelan
3. Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah
4. Pidato Keagamaan (Da’i Cilik)
5. Putsal
6. Karate
7. Marching Band
8. Komputer
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
MeskipunSekolah MIN Cicendomemilikifasilitas yang kurang,
akantetapisekolah MIN CicendodapatmembuktikandiribahwaSekolah MIN
Cicendoadalahsekolah yang luarbiasa,
meskipundihimpitolehfasilitasakantetapisekolahiniberhasilmendapatakreditasi
yang sangatmenuaskanyaituakreditasi A.
Lampiran
PETA
ALAMAT MIN 1 KOTA BANDUNG
KegiatanPrestasi yang diraiholehSekolah MIN Cicendodiantaranya:
|
|
|
Grup Angklung MIN 1
dalam Pembukaan
Ramadhan Fiesta 2009 MK2MI
Propinsi Jawa Barat
|
Grup Marching Band dalam Pembukaan PORSENI 2009
Tingkat Kota Bandung
|
Shilah dalam mengisi pembukaan
Ramadhan Fiesta 2009 MK2MI Jawa Barat
|
|
|
|
Siswa MIN Dalam Melaksanakan Upacara Bendera Senin Pagi
|
7 Piala yang telah diraih Siswa MIN pada Porseni Kota Bandung
2009
|
Guru dan Pembina Upacara pada Upacara Senin Pagi
|
|
|
|
Petugas Puskesmas sedang memberikan pasta gigi pembersih pada
kegiatan Sikat Gigi Massal
|
Para siswa dan Guru Pembimbing peraih prestasi Porseni 2009
|
Kegiatan Sholat Dhuha setiap Jum’at pagi
|
0 Response to "Contoh Laporan PPL"
Post a Comment