LEMBAR
OBSERVASI GURU
PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ
TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Nama Sekolah : MIN Sutam Ciparay
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pokok Bahasan : Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Hari/Tanggal : Senin, 08 April 2013
Fokus Observasi : Aktivitas Guru Menerapkan Model Pembelajaran
Aktif Tipe Quiz Team
No.
|
Aspek
|
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Kegiatan Pra Pembelajaran
|
a.
Menata ruang kelas, media, dan sumber belajar dengan
teliti.
|
|
|
b.
Memberikan salam kepada seluruh siswa
|
|
|
||
c.
Memeriksa kehadiran siswa
|
|
|
||
d.
Mengkondisikan
diri sendiri dan siswa untuk siap melakukan proses pembelajaran
|
|
|
||
2.
|
Kemampuan memulai pembelajaran
|
a.
Menarik perhatian siswa
|
|
|
b.
Membangkitkan motivasi siswa untuk belajar
|
|
|
||
c.
Melakukan apersepsi, meningkatkan keingintahuan dan
pengetahuan awal siswa
|
|
|
||
d.
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan acuan
materi yang akan disajikan
|
|
|
||
3.
|
Sikap Guru dalam proses pembelajaran
|
a.
Suara guru harus jelas dan dapat didengar oleh seluruh
siswa.
|
|
|
b.
Ekspresi dalam menggerakan anggota tubuh dilakukan
secara wajar dan proporsional
|
|
|
||
c.
Antusiasme, penampilan serta energi yang ditunjukan
dalam proses pembelajaran, membuat kondusif bagi siswa.
|
|
|
||
d.
Mobilitas dalam kelas dilakukan secara wajar dan
efektif
|
|
|
||
4.
|
Penguasaan Bahan Ajar
|
a.
Penyajian Bahan ajar dalam proses pembelajaran sesuai
dengan SK, KD, Indikator serta sumber belajar yang telah ditetapkan.
|
|
|
b.
Pembahasan, pemberian contoh serta dampak
pengiring/media ataupun metode yang digunakan untuk pemberian perilaku yang
diharapkan dan tepat.
|
|
|
||
c.
Menunjukan penguasaan pengetahuan yang luas dan
mendalam terhadap bahan ajar.
|
|
|
||
d.
Dapat merespon pertanyaan dan mengatasi permasalahn
yang berasal dari siswa.
|
|
|
||
5.
|
Proses
Pembelajaran
|
a.
Model pembelajaran sesuai dengan jenis dan prosdur yang
ditetapkan pada silabus dan rpp.
|
|
|
b.
Penyajian bahan pembelajaran berorientasi pada
kompetisi serta aktivitas siswa secara menyeluruh.
|
|
|
||
c.
Penanganan individu/kelompok siswa dilakukan dengan
efektif dan wajar.
|
|
|
||
d.
Alokasi waktu dalam proses pembelajaran dilakukan
secara efektif, efisien dan proporsional.
|
|
|
||
6.
|
Kemampuan khusus dalam pembelajaran IPS
|
a.
Memberikan pengalaman belajar siswa dengan berinteraksi
terhadap lingkungan sosial serta rasa nasionalisme, khususnya melalui model
pembelajaran aktif tipe quiz team
dalam pembelajaran IPS
|
|
|
b.
Meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa pada materi
proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.
|
|
|
||
c.
Mengembangkan pengetahuan, keterampilan serta sikap sosial dan
nasionalisme siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
||
d.
Meneladani serta memahami materi perjuangan dalam
memproklamasikan kemerdekaan RI serta pembetukan karakter nasionalisme
terhadap sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
||
7.
|
Tindak lanjut kemampuan menggunakan model
pembelajaran aktif tipe quiz team pada
mata pelajaran IPS
|
a. Guru memilih topik yang
dapat dipresentasikan dalam 3 bagian.
|
|
|
b. Guru membagi peseta
didik menjadi 3 tim. Kelompok A,
kelompok B, dan kelompok C
|
|
|
||
c. Guru menjelaskan
bentuk sesinya dan mulailah presentasi. Batasi presentasi sampai 10 menit atau kurang.
|
|
|
||
d. Setelah selesai
presentasi dilanjutkan dengan kuis. Guru meminta tim A
menyiapkan kuis yang berjawaban singkat. Kuis ini tidak memerlukan waktu lebih dari
5 menit untuk persiapan. Tim B dan C memanfaatkan waktu untuk meninjau
catatan mereka.
|
|
|
||
e. Tim A menguji tim
B. jika tidak bisa tim C mendapat kesempatan menjawab.
|
|
|
||
f. Tim A melanjutkan
ke pertanyaan selanjutnya kepada anggota tim C, dan ulangi prosesnya.
|
|
|
||
g.
Ketika kuis
selsesai, guru melanjutkan dengan
bagian kedua pelajaran anda, dan tunjuklah tim B sebagai pemimpin kuis.
|
|
|
||
h. Setelah tim B
menyelesaikan ujian tersebut, guru melanjutkan dengan
bagian ketiga dan tentukan tim C sebagai pemimpin kuis.
|
|
|
||
|
|
i.
Setelah semua tim memberikan kuisnya, guru menetukan
pemenang kuis dan memberikan reward
kepada pemenang tim.
|
|
|
|
|
j.
Guru memberikan refleksi dan menyimpulkan materi
kemudian menutup kegiatan pembelajaran.
|
|
|
Kriteria Penilaian
Setiap tindakan
wajib diberikan tanda ceklist (√ ), jika tindakan tersebut dilakukan
oleh guru maka tanda ceklist
diberikan pada kolom “Ya”, dan jika
tindakan tersebut tidak dilaksanakan oleh guru maka tanda ceklist diberikan pada kolom “Tidak”.
Adapun
persentase ketercapaian penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team dapat dihitung dengan rumus:
Jumlah tanda ceklist pada kolom “Ya” 100%
Jumlah
total tanda ceklist
Mengetahui,
Wali Kelas
(Toni Hidayat, S. Pd)
NIP:
198008082005011007
|
|
Bandung, 8 April 2013
Observer
(Enjang Abdul Majid)
NIM:
1209209017
|
0 Response to "Lembar Aktivitas Guru"
Post a Comment