Lembar Aktivitas Guru

LEMBAR OBSERVASI GURU
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Nama Sekolah          : MIN Sutam Ciparay
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pokok Bahasan        : Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
Kelas/Semester         : V/2
Hari/Tanggal            : Senin, 08 April 2013
Fokus Observasi       : Aktivitas Guru Menerapkan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team

No.
Aspek
Indikator
Ya
Tidak
1.
Kegiatan Pra Pembelajaran
a.       Menata ruang kelas, media, dan sumber belajar dengan teliti.


b.      Memberikan salam kepada seluruh siswa


c.       Memeriksa kehadiran siswa


d.      Mengkondisikan  diri sendiri dan siswa untuk siap melakukan proses pembelajaran


2.
Kemampuan memulai pembelajaran
a.       Menarik perhatian siswa


b.      Membangkitkan motivasi siswa untuk belajar


c.       Melakukan apersepsi, meningkatkan keingintahuan dan pengetahuan awal siswa


d.      Menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan acuan materi yang akan disajikan


3.
Sikap Guru dalam proses pembelajaran
a.       Suara guru harus jelas dan dapat didengar oleh seluruh siswa.


b.      Ekspresi dalam menggerakan anggota tubuh dilakukan secara wajar dan proporsional


c.       Antusiasme, penampilan serta energi yang ditunjukan dalam proses pembelajaran, membuat kondusif bagi siswa.


d.      Mobilitas dalam kelas dilakukan secara wajar dan efektif


4.
Penguasaan Bahan Ajar
a.       Penyajian Bahan ajar dalam proses pembelajaran sesuai dengan SK, KD, Indikator serta sumber belajar yang telah ditetapkan.


b.      Pembahasan, pemberian contoh serta dampak pengiring/media ataupun metode yang digunakan untuk pemberian perilaku yang diharapkan dan tepat.


c.       Menunjukan penguasaan pengetahuan yang luas dan mendalam terhadap bahan ajar.


d.      Dapat merespon pertanyaan dan mengatasi permasalahn yang berasal dari siswa.


5.
Proses Pembelajaran
a.       Model pembelajaran sesuai dengan jenis dan prosdur yang ditetapkan pada silabus dan rpp.


b.      Penyajian bahan pembelajaran berorientasi pada kompetisi serta aktivitas siswa secara menyeluruh.


c.       Penanganan individu/kelompok siswa dilakukan dengan efektif dan wajar.


d.      Alokasi waktu dalam proses pembelajaran dilakukan secara efektif, efisien dan proporsional.


6.
Kemampuan khusus dalam pembelajaran IPS
a.       Memberikan pengalaman belajar siswa dengan berinteraksi terhadap lingkungan sosial serta rasa nasionalisme, khususnya melalui model pembelajaran aktif tipe quiz team dalam pembelajaran IPS


b.      Meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa pada materi proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.


c.       Mengembangkan pengetahuan,  keterampilan serta sikap sosial dan nasionalisme siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.


d.      Meneladani serta memahami materi perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan RI serta pembetukan karakter nasionalisme terhadap sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.


7.
Tindak lanjut kemampuan menggunakan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada mata pelajaran IPS
a.       Guru memilih topik yang dapat dipresentasikan dalam 3 bagian.


b.      Guru membagi peseta didik menjadi 3 tim. Kelompok A, kelompok B, dan kelompok C


c.       Guru menjelaskan bentuk sesinya dan mulailah presentasi. Batasi presentasi sampai 10 menit atau kurang.


d.      Setelah selesai presentasi dilanjutkan dengan kuis. Guru meminta tim A menyiapkan kuis yang berjawaban singkat. Kuis ini tidak memerlukan waktu lebih dari 5 menit untuk persiapan. Tim B dan C memanfaatkan waktu untuk meninjau catatan mereka.


e.       Tim A menguji tim B. jika tidak bisa tim C mendapat kesempatan menjawab.


f.       Tim A melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya kepada anggota tim C, dan ulangi prosesnya.


g.      Ketika kuis selsesai, guru melanjutkan dengan bagian kedua pelajaran anda, dan tunjuklah tim B sebagai pemimpin kuis.


h.      Setelah tim B menyelesaikan ujian tersebut, guru melanjutkan dengan bagian ketiga dan tentukan tim C sebagai pemimpin kuis.




i.        Setelah semua tim memberikan kuisnya, guru menetukan pemenang kuis dan memberikan reward kepada pemenang tim.




j.        Guru memberikan refleksi dan menyimpulkan materi kemudian menutup kegiatan pembelajaran.





Kriteria Penilaian
Setiap tindakan wajib diberikan tanda ceklist (√ ), jika tindakan tersebut dilakukan oleh guru maka tanda ceklist diberikan pada kolom “Ya”, dan jika tindakan tersebut tidak dilaksanakan oleh guru maka tanda ceklist diberikan pada kolom “Tidak”.
            Adapun persentase ketercapaian penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team dapat dihitung dengan rumus:

Jumlah tanda ceklist pada kolom “Ya”  100%
            Jumlah total tanda ceklist


Mengetahui,
Wali Kelas




(Toni Hidayat, S. Pd)
NIP: 198008082005011007

Bandung,  8 April 2013

Observer




(Enjang Abdul Majid)
NIM: 1209209017



0 Response to "Lembar Aktivitas Guru"