Lembar Observasi Aktivitas Siswa Dalam Kelompok Pada Siklus I
Aspek yang diamati :
Lima Unsur Dasar Metode Quiz Team
Nama Sekolah :
MIN Sutan Ciaparay
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Pokok Bahasan :
Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
Kelas/Semester :
V/II
Hari/Tanggal :
Senin, 8 April 2013
No
|
Aspek yang diamati
|
Nomor Kelompok
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Interaksi
tatap muka
|
|
|
|
2
|
Keterampilan
komunikasi antar individu dan kelompok
|
|
|
|
3
|
Saling
ketergantungan positif
|
|
|
|
4
|
Tanggung
jawab individu
|
|
|
|
5
|
Evaluasi
proses kelompok
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|||
Persentase
|
|
Kriteria Penilaian
Lembar Observasi Aktivitas Siswa
1.
Interaksi
tatap muka
Indikator
|
Skor
|
Jika
siswa duduk saling berhadapan dan memandang wajah pada saat berdiskusi dan
berinteraksi pada saat kompetisi kuis
|
3
|
Jika
siswa duduk saling berhadapan tetapi tidak saling memandang wajah pada saat
berdiskusi dan berinteraksi pada saat kompetisi kuis
|
2
|
Jika
siswa tidak saling duduk berhadapan pada saat berdiskusi dan tidak pula saling
berinteraksi pada saat kompetisi
|
1
|
2.
Keterampilan
komunikasi antar kelompok
Indikator
|
Skor
|
Siswa
mempelajari dan memahami materi dan memberikan kuis/pertanyaan kepada
kelompok lain tentang materi yang dikompetisikan.
|
3
|
Siswa
mempelajari dan memahami materi tetapi tidak bisa memberikan kuis/pertanyaan
kepada kelompok lain tentang materi yang dikompetisikan.
|
2
|
Siswa
tidak mempelajari dan tidak memahami materi serta tidak bisa memberi
kuis/pertanyaan kepada kelompok lain tentang materi yang dikompetisikan.
|
1
|
3.
Saling
Ketergantungan Positif
Indikator
|
Skor
|
Siswa
aktif bertanya, aktif memberikan pertanyaan selama kuis, mampu menjawab
pertanyaan dan mendengarkan pendapat temannya.
|
3
|
Siswa
tidak aktif bertanya, tidak aktif memberikan pertanyaan selama kuis tetapi
mampu menjawab pertanyaan dan mendengarkan pendapat temannya.
|
2
|
Siswa
tidak aktif bertanya, tidak aktif memberikan pertanyaan selama kuis, tidak
mampu menjawab pertanyaan dan tidak mendengarkan pendapat temannya.
|
1
|
4.
Tanggung
jawab individu
Indikator
|
Skor
|
Selama
kompetisi tim kuis siswa dapat menyampaikan pertanyaan dan menjawabnya dengan
jelas sehingga mudah dimengerti oleh temannya, menghormati pendapat teman
ketika melakukan diskusi kelompok dan mengacungkan tangan terlebih dahulu
bila bertanya.
|
3
|
Selama
kompetisi tim kuis siswa tidak dapat menyampaikan pertanyaan dan menjawabnya dengan
jelas sehingga tidak mudah dimengerti oleh temannya, menghormati pendapat
teman ketika melakukan diskusi kelompok dan mengacungkan tangan terlebih
dahulu bila bertanya.
|
2
|
Selama
kompetisi tim kuis siswa tidak dapat menyampaikan pertanyaan dan menjawabnya
dengan jelas sehingga tidak mudah dimengerti oleh temannya, tidak menghormati
pendapat teman ketika melakukan diskusi kelompok dan tidak mengacungkan
tangan terlebih dahulu bila bertanya.
|
1
|
5.
Evaluasi
Proses Kelompok
Indikator
|
Skor
|
Siswa
mempelajari dan menganalisis materi, serta dapat memberikan pertanyaan/kuis
yang menjadi kompetisi antar kelompok dan mau mendengarkan pendapat temannya
serta dapat menjawab setiap pertanyaan sebagai aktivitas dari kompetisi tim
kuis.
|
3
|
Siswa
mempelajari dan menganalisis materi, tetapi tidak dapat memberikan
pertanyaan/kuis yang menjadi kompetisi antar kelompok dan mau mendengarkan
pendapat temannya serta dapat menjawab setiap pertanyaan sebagai aktivitas
dari kompetisi tim kuis.
|
2
|
Siswa
mempelajari dan menganalisis materi, tetapi tidak dapat memberikan
pertanyaan/kuis yang menjadi kompetisi antar kelompok dan tidak mau
mendengarkan pendapat temannya serta tidak dapat menjawab setiap pertanyaan
sebagai aktivitas dari kompetisi tim kuis.
|
1
|
Mengetahui,
Wali Kelas
(Toni
Hidayat, S. Pd)
NIP: 198008082005011007
|
|
Bandung, 8 April 2013
Observer
(Enjang
Abdul Majid)
NIM: 1209209017
|
0 Response to "lembar obsevasi aktivitas kelompok"
Post a Comment