lembar obsevasi aktivitas kelompok

Lembar Observasi Aktivitas Siswa Dalam Kelompok Pada Siklus I
Aspek yang diamati    : Lima Unsur Dasar Metode Quiz Team
Nama Sekolah             : MIN Sutan Ciaparay
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Pokok Bahasan           : Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
Kelas/Semester            : V/II
Hari/Tanggal               : Senin, 8 April 2013

No
Aspek yang diamati
Nomor Kelompok
1
2
3
1
Interaksi tatap muka



2
Keterampilan komunikasi antar individu dan kelompok



3
Saling ketergantungan positif



4
Tanggung jawab individu



5
Evaluasi proses kelompok



Jumlah



Rata-rata

Persentase



Kriteria Penilaian
Lembar Observasi Aktivitas Siswa
1.      Interaksi tatap muka
                                                    Indikator
Skor
Jika siswa duduk saling berhadapan dan memandang wajah pada saat berdiskusi dan berinteraksi pada saat kompetisi kuis
3
Jika siswa duduk saling berhadapan tetapi tidak saling memandang wajah pada saat berdiskusi dan berinteraksi pada saat kompetisi kuis
2
Jika siswa tidak saling duduk berhadapan pada saat berdiskusi dan tidak pula saling berinteraksi pada saat kompetisi
1





2.      Keterampilan komunikasi antar kelompok
Indikator
Skor
Siswa mempelajari dan memahami materi dan memberikan kuis/pertanyaan kepada kelompok lain tentang materi yang dikompetisikan. 
3
Siswa mempelajari dan memahami materi tetapi tidak bisa memberikan kuis/pertanyaan kepada kelompok lain tentang materi yang dikompetisikan.
2
Siswa tidak mempelajari dan tidak memahami materi serta tidak bisa memberi kuis/pertanyaan kepada kelompok lain tentang materi yang dikompetisikan.
1

3.      Saling Ketergantungan Positif
Indikator
Skor
Siswa aktif bertanya, aktif memberikan pertanyaan selama kuis, mampu menjawab pertanyaan dan mendengarkan pendapat temannya.
3
Siswa tidak aktif bertanya, tidak aktif memberikan pertanyaan selama kuis tetapi mampu menjawab pertanyaan dan mendengarkan pendapat temannya.
2
Siswa tidak aktif bertanya, tidak aktif memberikan pertanyaan selama kuis, tidak mampu menjawab pertanyaan dan tidak mendengarkan pendapat temannya.
1

4.      Tanggung jawab individu
Indikator
Skor
Selama kompetisi tim kuis siswa dapat menyampaikan pertanyaan dan menjawabnya dengan jelas sehingga mudah dimengerti oleh temannya, menghormati pendapat teman ketika melakukan diskusi kelompok dan mengacungkan tangan terlebih dahulu bila bertanya.
3
Selama kompetisi tim kuis siswa tidak dapat menyampaikan pertanyaan dan menjawabnya dengan jelas sehingga tidak mudah dimengerti oleh temannya, menghormati pendapat teman ketika melakukan diskusi kelompok dan mengacungkan tangan terlebih dahulu bila bertanya.
2
Selama kompetisi tim kuis siswa tidak dapat menyampaikan pertanyaan dan menjawabnya dengan jelas sehingga tidak mudah dimengerti oleh temannya, tidak menghormati pendapat teman ketika melakukan diskusi kelompok dan tidak mengacungkan tangan terlebih dahulu bila bertanya.
1


5.      Evaluasi Proses Kelompok
Indikator
Skor
Siswa mempelajari dan menganalisis materi, serta dapat memberikan pertanyaan/kuis yang menjadi kompetisi antar kelompok dan mau mendengarkan pendapat temannya serta dapat menjawab setiap pertanyaan sebagai aktivitas dari kompetisi tim kuis.
3
Siswa mempelajari dan menganalisis materi, tetapi tidak dapat memberikan pertanyaan/kuis yang menjadi kompetisi antar kelompok dan mau mendengarkan pendapat temannya serta dapat menjawab setiap pertanyaan sebagai aktivitas dari kompetisi tim kuis.
2
Siswa mempelajari dan menganalisis materi, tetapi tidak dapat memberikan pertanyaan/kuis yang menjadi kompetisi antar kelompok dan tidak mau mendengarkan pendapat temannya serta tidak dapat menjawab setiap pertanyaan sebagai aktivitas dari kompetisi tim kuis.
1


Mengetahui,
Wali Kelas




(Toni Hidayat, S. Pd)
NIP: 198008082005011007

Bandung,  8 April 2013

Observer




(Enjang Abdul Majid)
NIM: 1209209017



0 Response to "lembar obsevasi aktivitas kelompok"