BAB
IV
SIMPULAN
DAN SARAN
A.
Simpulan
Berdasarkan
hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team dalam pembelajaran IPS tentang
proklamasi kemerdekaan republik Indonesia yang dilaksanakan di kelas V MIN
Sutam Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, dapat disimpulkan bahwa :
1.
Dalam
pembelajaran IPS di kelas V MIN Sutam Ciparay,
proses pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konvensional, model
pembelajaran yang disampaikanpun tidak pernah dialami siswa, siswa belum
memiliki pengalaman tentang materi pembelajaran yang sesuai dengan konteks
dimana siswa berada. Sehingga dalam pelaksanaan tindakan belum menggunakan sumber belajar yang diambil dari lingkungan
sekitar siswa serta pengalaman yang dialami siswa. Selain itu dalam
pembelajaran IPS masih banyak siswa yang kemampuannya perlu ditingkatkan, fenomena
tersebut berkaitan erat dengan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal
itu terbukti ketika dilakukan observasi awal aktivitas belajar siswa melalui
lembar observasi dengan menerapkan beberapa indikator yang akan dicapai dan telah
disiapkan, nilai rata-rata aktivitas siswa berada pada tahap rendah dengan
kategori kurang aktif yaitu pada persentasi nilai 31, 8%.
2.
Dari
hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team dalam upaya meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MIN Sutam Ciparay
pada siklus I, masih terdapat beberapa kegiatan yang tidak dimasukkan
dan belum dapat tercapai dari beberapa indikator aktivitas dalam kegiatan
pembelajaran. Hal ini berdampak kepada aktivitas belajar siswa yang masih
berada pada tahap sedang dengan kategori cukup aktif pada nilai persentasi
55,00%. Oleh karena itu penelitian perlu dilanjutkan dan dilakukan tindakan
pada siklus II dengan memperbaiki kekurangan pada siklus I.
3.
Dari
hasil yang diperoleh melalui tindakan pada siklus II terhadap aktivitas belajar siswa, pada proses
pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada siklus II yang menjadi
akhir siklus mengalami perubahan dan peningkatan yang sangat signifikan dari
siklus sebelumnya dan berada pada tahap yang sangat tinggi dengan kategori
sangat aktif pada persentasi nilai 82,33%. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya
peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan
model pembelajaran aktif tipe quiz team.
B.
Saran
Berdasarkana
hasil penelitian yang telah dilakukan, maka guna meningkatkan proses
pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, ada beberapa rekomendasi bagi semua pihak
yang terkait, di antaranya :
1.
Untuk
menciptakan suasana pembelajaran IPS yang menyenangkan dan membantu siswa dalam
meningkatkan aktivitas belajarnya, diharapkan guru dapat menggunakan model
pembelajaran yang tepat dengan materi yang akan diberikan, sehingga dapat
menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa.
2.
Dalam
pelaksanaanya penerapan model pembelajaran aktif
tipe quiz team menuntut siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Hal ini sangat
mempengaruhi semangat dan motivasi mereka dalam belajar, khususnya pada mata
pelajaran IPS materi ajar Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.
3.
Dalam
penerapan model pembelajaran aktif tipe
quiz team pada mata pelajaran IPS memberikan dampak yang signifikan
terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini
dapat menjadi implementasi data bagi peneliti lain untuk menerapkan model
pembelajaran aktif tipe quiz team
pada mata pelajaran IPS khususnya materi ajar Proklamasi kemerdekaan republik
Indonesia.
0 Response to "Bab IV Penutup devi"
Post a Comment