Bab IV Penutup devi

BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN

A.      Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team dalam pembelajaran IPS tentang proklamasi kemerdekaan republik Indonesia yang dilaksanakan di kelas V MIN Sutam Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, dapat disimpulkan bahwa :
1.      Dalam pembelajaran IPS di kelas V MIN Sutam Ciparay,  proses pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konvensional, model pembelajaran yang disampaikanpun tidak pernah dialami siswa, siswa belum memiliki pengalaman tentang materi pembelajaran yang sesuai dengan konteks dimana siswa berada. Sehingga dalam pelaksanaan tindakan belum menggunakan  sumber belajar yang diambil dari lingkungan sekitar siswa serta pengalaman yang dialami siswa. Selain itu dalam pembelajaran IPS masih banyak siswa yang kemampuannya perlu ditingkatkan, fenomena tersebut berkaitan erat dengan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal itu terbukti ketika dilakukan observasi awal aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi dengan menerapkan beberapa indikator yang akan dicapai dan telah disiapkan, nilai rata-rata aktivitas siswa berada pada tahap rendah dengan kategori kurang aktif yaitu pada persentasi nilai 31, 8%.
2.      Dari hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MIN Sutam Ciparay pada siklus I, masih terdapat beberapa kegiatan yang tidak dimasukkan dan belum dapat tercapai dari beberapa indikator aktivitas dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini berdampak kepada aktivitas belajar siswa yang masih berada pada tahap sedang dengan kategori cukup aktif pada nilai persentasi 55,00%. Oleh karena itu penelitian perlu dilanjutkan dan dilakukan tindakan pada siklus II dengan memperbaiki kekurangan pada siklus I.
3.      Dari hasil yang diperoleh melalui tindakan pada siklus II terhadap  aktivitas belajar siswa, pada proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada siklus II yang menjadi akhir siklus mengalami perubahan dan peningkatan yang sangat signifikan dari siklus sebelumnya dan berada pada tahap yang sangat tinggi dengan kategori sangat aktif pada persentasi nilai 82,33%. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe quiz team.
B.       Saran
Berdasarkana hasil penelitian yang telah dilakukan, maka guna meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, ada beberapa rekomendasi bagi semua pihak yang terkait, di antaranya :
1.      Untuk menciptakan suasana pembelajaran IPS yang menyenangkan dan membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas belajarnya, diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dengan materi yang akan diberikan, sehingga dapat menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa.
2.      Dalam pelaksanaanya penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team menuntut siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Hal ini sangat mempengaruhi semangat dan motivasi mereka dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS materi ajar Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.
3.      Dalam penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada mata pelajaran IPS memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi implementasi data bagi peneliti lain untuk menerapkan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada mata pelajaran IPS khususnya materi ajar Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.




0 Response to "Bab IV Penutup devi"