RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan ….. ....................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti:
KI 1
|
:
|
|
KI 2
|
:
|
|
KI 3
|
:
|
|
KI 4
|
:
|
|
B.
Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
D. Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
2.
Pertemuan 2
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3.
Pertemuan 3
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
E. Langkah-LangkahKegiatanPembelajaran
Pertemuanpertama
1.
Pendahuluan (12 menit)
a.
Membuka pelajaran
dengan salam
b.
Membaca al
Qur’an surah pilihan secara bersama-sama.
c.
Guru memeriksa kesiapan
peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan
game kecil atau mengajak bernyanyi.
d.
Memberikan motivasi
pentingnya percay akepada Allah SWT.
e.
Memberikan appersepsi
pembelajaran
f.
Mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan
g.
Guru dan siswa mendiskusikan
kompetensi yang sudah dipelajari dan kaitannya dengan yang akan dipelajari dan dikembangkan.
h.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
i.
Menyampaikan garis
besar cakupan materi
j.
Guru
mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4
anak.
k.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
l.
Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian
2.
Kegiatan Inti (90 menit)
a.
Mengamati (observing)
1)
………………………………………………………………………………..
2)
………………………………………………………………………………..
3)
………………………………………………………………………………..
4)
………………………………………………………………………………..
5)
………………………………………………………………………………..
b.
Menanya
(questioning)
1)
………………………………………………………………………………
2)
………………………………………………………………………………
c.
Mengumpulkaninformasi/mencoba
(experimenting)
1)
………………………………………………………………………………..
2)
………………………………………………………………………………..
3)
………………………………………………………………………………..
4)
………………………………………………………………………………..
5)
………………………………………………………………………………..
d.
Mengasosiasi/Menalar
(associating)
1)
………………………………………………………………………………..
2)
………………………………………………………………………………..
3)
………………………………………………………………………………..
4)
………………………………………………………………………………..
5)
………………………………………………………………………………..
e.
Mengomunikasikan
(communicating)
1)
………………………………………………………………………………..
2)
………………………………………………………………………………..
3)
………………………………………………………………………………..
4)
………………………………………………………………………………..
5)
………………………………………………………………………………..
3.
Penutup (18 menit)
a.
Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.
Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c.
Guru melakukan penilaian
d.
Merencanakan kegiatan tindaklanjut.
e.
Menyampaikan inti kegiata nuntuk pembelajaran berikutnya yaitu membahas contoh
perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-AsmaulHusna.
f.
Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
PertemuanKedua (dst)
PertemuanKetiga (dst)
F.
Penilaian
1.
TeknikPenilaian :
a.
Sikap Spiritual : Observasi/ Penilaian Diri/ Penilaian Teman Sebaya/
Penilaian Jurnal
TeknikPenilaian
|
Instrumen
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Penilaian Diri
|
Lembar Penilaian Diri
|
Penilaian Teman Sebaya
|
Lembar Penilaian Teman Sebaya
|
PenilaianJurnal
|
Format
Jurnal
|
b.
SikapSosial : Observasi/ PenilaianDiri/
PenilaianTemanSebaya/ PenilaianJurnal
TeknikPenilaian
|
Instrumen
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Penilaian Diri
|
Lembar Penilaian Diri
|
Penilaian Teman Sebaya
|
Lembar Penilaian Teman Sebaya
|
PenilaianJurnal
|
Format
Jurnal
|
c.
Pengetahuan :TesTertulis/
Observasi/Penugasan
TeknikPenilaian
|
Instrumen
|
Tes Tertulis
|
PG/ BS/ ya tidak/ Menjodohkan/ sebab akibat / isian / jawaban singkat
/ uraian
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
Penugasan
|
Lembar penilaian PR/ Lembar penilaian proyek
|
d.
Keterampilan: Tes
Praktik (Unjukkerja/kinerja)/ Projek/ Produk/ Portofolio/ Tertulis
TeknikPenilaian
|
Instrumen
|
Tes Praktik (Unjuk kerja/kinerja
|
Daftar Cek / SkalaPenilaian
|
Projek
|
Lembar Penilaian Projek
|
Produk
|
Lembar Penilaian Produk
|
Portofolio
|
Lembar Penilaian Portofolio
|
Tertulis
|
Lembar Penilaian Tertulis
|
2.
InstrumenPenilaian
a.
PertemuanPertama (Format terlampir)
1) Sikap spiritual : Lembar Observasi/ Lembar Penilaian Diri/ Lembar Penilaian Teman
Sebaya/Format Jurnal
2) Sikap social : Lembar Observasi/ Lembar Penilaian Diri/ Lembar Penilaian Teman Sebaya/Format
Jurnal
3) Pengetahuan : PG/BS/ya tidak/Menjodohkan/sebab akibat
/isian /jawaban singkat /uraian/ lembarobservasi/ Lembar penilaian PR/ Lembar penilaian proyek
4) Keterampilan : Daftar Cek/ SkalaPenilaian/ Lembar Penilaian
Projek/ Lembar Penilaian Produk/ Lembar Penilaian Portofolio/ Lembar Penilaian Tertulis
b.
PertemuanKedua
c.
PertemuanKetiga
3.
Remedial danPengayaan
a.
Remedial (Format terlampir)
b.
Pengayaan (Format terlampir)
G.
Media/Alat, Bahan Dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat
a.
Media : VCD
Pembelajaran, Presentasi dengan aplikasi Power Point,
Program Macro media Flash, dll
b.
Alat : Laptop, LCD Projector, AlatPeraga, Gambardll
2.
Bahan
(Bahan bias berisi
alat-laat untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang digunakan guru atau siswa
yang habis pakai)
3.
SumberBelajar
a.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta:
Departemen Agama RI.
b.
Moch. Ahsandan Sumiyati. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
….
……….., ........................
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI dan Budi Pekerti
______________ ________________
NIP. NIP.
0 Response to "Format RPP Sesuai Permendikbud 103 Tahun 2014"
Post a Comment