Format RPP Sesuai Permendikbud 103 Tahun 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      ….. ....................
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester           : 
Alokasi Waktu            : 
A.    Kompetensi Inti:
KI 1
:




KI 2
:




KI 3
:




KI 4
:




B.       Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
D.  Materi Pembelajaran
1.        Pertemuan 1
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
2.        Pertemuan 2
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3.        Pertemuan 3
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………

E.  Langkah-LangkahKegiatanPembelajaran       
Pertemuanpertama
1.      Pendahuluan (12 menit)
a.      Membuka pelajaran dengan salam
b.      Membaca al Qur’an surah pilihan secara bersama-sama.
c.       Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
d.      Memberikan motivasi pentingnya percay akepada Allah SWT.
e.       Memberikan appersepsi pembelajaran
f.       Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
g.      Guru dan siswa mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan kaitannya dengan yang akan dipelajari dan dikembangkan.
h.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
i.        Menyampaikan garis besar cakupan materi
j.        Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 anak.
k.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
l.        Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
2.      Kegiatan Inti (90 menit)
a.         Mengamati (observing)
1)   ………………………………………………………………………………..
2)   ………………………………………………………………………………..
3)   ………………………………………………………………………………..
4)   ………………………………………………………………………………..
5)   ………………………………………………………………………………..
b.        Menanya (questioning)
1)     ………………………………………………………………………………
2)     ………………………………………………………………………………
c.         Mengumpulkaninformasi/mencoba (experimenting)
1)      ………………………………………………………………………………..
2)      ………………………………………………………………………………..
3)      ………………………………………………………………………………..
4)      ………………………………………………………………………………..
5)      ………………………………………………………………………………..
d.        Mengasosiasi/Menalar (associating)
1)   ………………………………………………………………………………..
2)   ………………………………………………………………………………..
3)   ………………………………………………………………………………..
4)   ………………………………………………………………………………..
5)   ………………………………………………………………………………..
e.         Mengomunikasikan (communicating)
1)      ………………………………………………………………………………..
2)      ………………………………………………………………………………..
3)      ………………………………………………………………………………..
4)      ………………………………………………………………………………..
5)      ………………………………………………………………………………..

3.      Penutup (18 menit)
a.       Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c.       Guru melakukan penilaian
d.      Merencanakan kegiatan tindaklanjut.
e.       Menyampaikan inti kegiata nuntuk pembelajaran berikutnya yaitu membahas contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-AsmaulHusna.
f.       Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
PertemuanKedua (dst)
PertemuanKetiga (dst)
F.     Penilaian
1.    TeknikPenilaian            :
a.       Sikap Spiritual : Observasi/ Penilaian Diri/ Penilaian Teman Sebaya/ Penilaian Jurnal
TeknikPenilaian
Instrumen
Observasi
Lembar Observasi
Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri
Penilaian Teman Sebaya
Lembar Penilaian Teman Sebaya
PenilaianJurnal
Format Jurnal


b.      SikapSosial  : Observasi/ PenilaianDiri/ PenilaianTemanSebaya/ PenilaianJurnal
TeknikPenilaian
Instrumen
Observasi
Lembar Observasi
Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri
Penilaian Teman Sebaya
Lembar Penilaian Teman Sebaya
PenilaianJurnal
Format Jurnal


c.       Pengetahuan :TesTertulis/ Observasi/Penugasan
TeknikPenilaian
Instrumen
Tes Tertulis
PG/ BS/ ya tidak/ Menjodohkan/ sebab akibat / isian / jawaban singkat / uraian
Observasi
Lembar observasi
Penugasan
Lembar penilaian PR/ Lembar penilaian proyek

d.      Keterampilan: Tes Praktik (Unjukkerja/kinerja)/ Projek/ Produk/ Portofolio/ Tertulis
TeknikPenilaian
Instrumen
Tes Praktik (Unjuk kerja/kinerja
Daftar Cek / SkalaPenilaian
Projek
Lembar Penilaian Projek
Produk
Lembar Penilaian Produk
Portofolio
Lembar Penilaian Portofolio
Tertulis
Lembar Penilaian Tertulis

2.    InstrumenPenilaian     
a.      PertemuanPertama (Format terlampir)
1)     Sikap spiritual               :    Lembar Observasi/ Lembar Penilaian Diri/ Lembar Penilaian Teman Sebaya/Format Jurnal
2)     Sikap social                   :    Lembar Observasi/ Lembar Penilaian Diri/ Lembar Penilaian Teman Sebaya/Format Jurnal
3)     Pengetahuan                 :    PG/BS/ya tidak/Menjodohkan/sebab akibat /isian /jawaban singkat /uraian/ lembarobservasi/ Lembar penilaian PR/ Lembar penilaian proyek
4)     Keterampilan                :    Daftar Cek/ SkalaPenilaian/ Lembar Penilaian Projek/ Lembar Penilaian Produk/ Lembar Penilaian Portofolio/ Lembar Penilaian Tertulis

b.      PertemuanKedua
c.       PertemuanKetiga

3.    Remedial danPengayaan
a.      Remedial (Format terlampir)
b.      Pengayaan (Format terlampir)

G.    Media/Alat, Bahan Dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat
a.         Media         :      VCD Pembelajaran, Presentasi dengan aplikasi Power Point, Program Macro media Flash, dll
b.         Alat            :      Laptop,  LCD Projector, AlatPeraga, Gambardll
2.      Bahan
(Bahan bias berisi alat-laat untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang digunakan guru atau siswa yang habis pakai)
3.      SumberBelajar
a.       Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b.      Moch. Ahsandan Sumiyati. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       ….

                                                                                    ……….., ........................
Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                              PAI dan Budi Pekerti
                                                                                   

______________                                               ________________
NIP.                                                                   NIP.

0 Response to "Format RPP Sesuai Permendikbud 103 Tahun 2014"